News Flash

UMKM Go Online

News - CNBC Indonesia TV & Bryan Dandy Saputra, CNBC Indonesia
11 January 2019 13:54
Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Joko Widodo menyatakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia belum siap masuk ke pasar E-commerce. Saat ini, dari  56 juta UMKM yang ada, baru empat juta UMKM yang memasarkan produknya di toko online. 

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan impor gula yang dilakukan saat ini bertujuan memenuhi kebutuhan industri.  Enggar menambahkan gula rafinasi impor dibutuhkan oleh produsen besar hingga industri kecil untuk menjaga kualitas. Selama ini banyak industri yang tidak bisa menggunakan gula produksi lokal karena tidak sesuai dengan kriteria. Pada tahun 2018, total kebutuhan gula industri mencapai 3,6 juta ton. Sementara itu di tahun ini kebutuhan gula yang dibutuhkan atas pengajuan Kementerian Perindustrian mencapai 2,8 juta ton. 

Kementerian ESDM memastikan tidak akan menaikkan tarif dasar listrik hingga akhir 2019. Dirjen Ketenagalistrikan Andi Noorsaman Sommeng mengatakan, keputusan tersebut tidak berkaitan dengan unsur politik jelang pemilu di 2019 namun, untuk menjaga daya beli serta menarik investasi Andi juga menjamin tarif dasar listrik yang tetap, tidak akan menjadi beban terhadap PLN, lantaran harga energi primer yang stabil serta harga batu bara untuk pembangkit lsitrik telah diatur sebesar 70 dolar per ton.

Simak Selengkapnya dalam video ini.
Video Lainnya
    spinner loading