Ini 5 Tren yang Paling Diantisipasi Industri Logistik di 2019

News - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
07 January 2019 12:49
Ini 5 Tren yang Paling Diantisipasi Industri Logistik di 2019
Jakarta, CNBC Indonesia--Firma konsultan global PricewaterhouseCoopers (PwC) mengidentifikasi lima kekuatan utama yang akan mengubah tren industri transportasi dan logistik tahun ini, yang semestinya diantisipasi oleh pelaku logistik dunia.

Kelima hal itu adalah digitalisasi, perubahan perdagangan dunia, perubahan proses yang didorong oleh piranti lunak, perubahan perdagangan domestik, dan perubahan proses permesinan. Namun dari kelima hal itu, para bos dunia secara jelas mengakui sikap antisipatif paling diperlukan terkait disrupsi teknologi.

"Kekuatan tersebut terlihat dari ekspektasi yang ditunjukkan oleh pemimpin perusahaan transportasi dan logistik dalam waktu dekat, terkait dengan outlook pertumbuhan ekonomi yang mendukung, dampak perubahan teknologi, dan perubahan kanal distribusi," tulis firma konsultan global tersebut dalam laporan riset berjudul "Five Forces Transforming Transport & Logistics."


Laporan tersebut merupakan hasil survei yang digelar PwC secara global terhadap para eksekutif di industri tersebut. Survei dilakukan terhadap 1.239 Chief Executive Officer (CEO) di 85 negara yang bergerak di sektor transportasi dan logistik.

Namun secara umum mereka masih optimistis dengan prospek kinerja mereka tahun ini. Sebanyak 60% CEO percaya bahwa pertumbuhan ekonomi dunia akan membaik pada 2019.

Sebanyak 85% dari mereka menyebutkan percaya diri dengan prospek pertumbuhan bisnis pada 2019. Bahkan, 45% di antaranya menyatakan "sangat percaya diri".

TIM RISET CNBC INDONESIA

(ags/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading