Prabowo: Pendapatan Perkapita Indonesia cuma Rp 14 juta/tahun

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
31 December 2018 15:23
Prabowo: Pendapatan Perkapita Indonesia cuma Rp 14 juta/tahun
Jakarta, CNBC Indonesia - Prabowo Subianto menggugat data pendapatan perkapita Indonesia yang diklaim pemerintah mencapai Rp 52 juta per tahun.

Menurut Calon Presiden nomor urut 02 ini, dengan ketimpangan yang tinggi, maka 90% penduduk Indonesia hanya mendapatkan pendapatan perkapita sebesar Rp 14 juta per tahun.

Hal tersebut disampaikan oleh Prabowo ketika memberikan Ceramah Kebangsaan Akhir Tahun Prabowo Subianto, di Hambalang, Bogor pada Sabtu, 29 Desember 2018 dan ditayangkan pada halaman Facebooknya.


Prabowo mengatakan 1% penduduk terkaya di Indonesia menguasai 46,6% seluruh kekayaan di Indonesia. Nilainya mencapai Rp 10.578 triliun.

Sementara itu, 10% orang terkaya di Indonesia menguasai 75,3% kekayaan yang ada di tanah air dan 20% orang terkaya menguasi 86,5% kekayaan."80% penduduk Indonesia hanya memiliki kekayaan sebesar 13,5% dari seluruh kekayaan," jelasnya.

Kondisi itulah yang menurut Prabowo bahwa pendapatan perkapita mencapai Rp 52 juta per tahun adalah data yang semu dan tidak valid.

Menurutnya, bila 10% orang terkaya di Indonesia beserta pendapatan dikeluarkan dari perhitungan maka 90% penduduk di Indonesia hanya memiliki pendapatan per kapita sebesar Rp 14 juta per tahun atau Rp 1,16 juta per bulan.

"Bila dikurangi dengan utang negara yang mana setiap orang menanggung sekitaer Rp 13 juta, maka pendapatan per kapita hanya Rp 1 juta setiap tahun," ujarnya.

Dalam pidato tersebut, Prabowo juga mengibaratkan para pendukung pemerintah yang enggan melihat fakta ekonomi terbaru sebagai pasien penyakit berat yang ngeyel.

"Pasien yang kolestrol sudah 300 tapi malah marah-marah ke laboratorium. Tekanan darah sudah sudah 180 tapi mintanya ditulis tekanan darah 120. Ada di negara kita yang ketika melihat data ekonomi negara kita malah marah-marah. (dia bilang) Ekonomi kita bagus," ujar Prabowo yang disambut oleh tepuk tangan peserta yang hadir.


[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading