RI Bakal Olah Minyak Kelapa Sawit Jadi Avtur

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
27 December 2018 13:38
RI Bakal Olah Minyak Kelapa Sawit Jadi Avtur
Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia tengah bersiap-siap melakukan uji coba mengolah minyak kelapa sawit menjadi green avtur.

Bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), PT Pertamina (Persero) tengah mengembangkan katalis yang memungkinkan untuk memecah minyak kelapa sawit agar bisa menjadi avtur. Minyak kelapa sawit yang diolah lebih rincinya adalah minyak inti kelapa sawit atau biasa disebu minyak kernel.

"Minyak inti sawit dihilangkan oksigennya dan memperpanjang rantai carbon, jadi C11, C12, sampai C14, ini bahan utama avtur. Nanti katalisnya fungsinya di situ (hilangkan oksigen)," ujar Prof Subagjo, Guru Besar ITB yang tengah kembangkan katalis tersebut dalam paparannya di Hotel Double Tree, Jakarta, Kamis (27/12/2018).


Ia memperkirakan katalis ini bisa diuji coba mulai September 2019 mendatang dengan Pertamina jika tidak ada halangan. Uji coba rencananya akan dilangsungkan di Kilang Cilacap. Adapun campurannya adalah dengan mencampur minyak kernel dengan kerosene.

"Diolahnya dengan sistem co processing. Jadi prosesnya biji kelapa sawit digesting akan jadi kernel oil, lalu diolah campur bersama dengan kerosene akan jadi green avtur," kata Direktur Pengolahan Pertamina, Budi Santoso Syarif.

(gus/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading