Pertamina Bangun Kilang, Asing Bisa Masuk 99%

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
29 November 2018 17:16
Pertamina Bangun Kilang, Asing Bisa Masuk 99%
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Pertamina (Persero) mengaku tidak keberatan jika memang nanti mitranya di proyek kilang memiliki hak kepemilikan mencapai 99%. 

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina Heru Setiawan menuturkan, sebabnya, Pertamina butuh partisipasi dari pihak luar. Apalagi membangun kilang butuh biaya jumbo.




"Ya tidak apa, kami sambut baik kalau ada partisipasi dari luar, itu bagus. Yang penting kita bisa kurangi impor, dan energi kita bisa jadi lebih sustainable dan secure," ujar Heru kepada media ketika dijumpai dalam gelaran Pertamina Energy Forum 2018, di Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Hal ini menyusul pernyataan  Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto yang sebelumnya sempat menuturkan, proyek kilang saat ini berjalan lambat. Padahal, proyek kilang penting untuk menekan impor BBM dengan adanya kilang.

"Kami imbau Pertamina membuka selebar-lebarnya kalau ada investasi asing yang akan kerja sama membangun kilangn. Bahkan mungkin share-nya 99% tidak apa-apa, disetujui saja," kata Djoko dalam Pertamina Energy Forum 2018 di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Adapun, lebih lanjut Heru menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan pencarian mitra untuk kilang Balikpapan. Ia menuturkan, sedang melakukan beauty contest dan telah mengirim 70 surat undangan kepada perusahaan lainnya untuk ikut serta.

"Kami sudah mulai sampaikan suratnya ke calon-calon. Ada 70 perusahaan yang kami kirimi surat untuk undang beauty contest. Sekarang kami tinggal tunggu responnya," kata Heru.

Namun, lanjutnya, sambil mencari mitra, Pertamina juga mempersiapkan lelang konstruksi. Targetnya, proses konstruksi pembangunan Kilang Balikpapan akan mulai dibangun awal tahun depan.

Pertamina Bangun Kilang, Asing Bisa Masuk 99%Foto: Edward Ricardo


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading