Pesawat R80 Kemungkinan Diproduksi di Bandara Kertajati

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
09 November 2018 19:41
Pesawat R80 Kemungkinan Diproduksi di Bandara Kertajati
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Regio Aviasi Industri (RAI) menyatakan minat untuk membangun fasilitas produksi dan perakitan pesawat di sekitar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Pesawat itu ditargetkan bisa mengudara 6 tahun lagi.

Komisaris PT RAI Ilham Habibie mengungkapkan perseroan masih melakukan penjajakan terhadap segala aspek sebelum mengambil keputusan mengenai lokasi fasilitas industri tersebut.

"Masih dalam penjajakan, jadi belum pasti jadi atau tidak di Kertajati," kata Ilham di sela pameran IndoDefence 2018 di JIExpo Kemayoran, Jumat (9/11/2018).



PT RAI adalah pabrikan yang dikendalikan oleh Ilham untuk merealisasikan ide ayahnya, Presiden ke-3 BJ Habibie, untuk membuat pesawat R80. Pesawat ini digadang-gadang menjadi pesawat sipil massal pertama yang diproduksi di dalam negeri.

Foto: Ilham Habibie di IndoDefence 2018 JIExpo Kemayoran (CNBC Indonesia/Arys Aditya)


Ilham menyebutkan, hingga kini perusahaan memiliki sebuah fasilitas produksi di Bandung. Ketika R80 sudah memasuki tahap prototipe dan uji terbang, ia mengatakan RAI akan membangun fasilitas produksi dan perakitan.

"Tahun ini kami selesaikan desain keseluruhan, tahun depan mulai membangun tempat perakitan. Sejauh ini tempat kami ada dua, di Bandung dan kalau untuk nonteknis di Jakarta."

Selain itu, ia mengatakan telah menjalin kontak dengan beberapa investor dan pabrikan komponen pesawat untuk merancang kerja sama produksi dan risk-revenue sharing.

"Saya tidak bisa dan tidak boleh bicara detailnya. Kami sudah kerja sama dengan beberapa investor dan perusahaan, kebanyakan dari luar. Karena produksi total R80 ini U$ 1,4 miliar dan kami sudah menanamkan puluhan juta dolar AS."



(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading