Bertahan 3 Generasi, Ini Bos-bos Konglomerasi Kalla Group

News - Raydion Subiantoro & Samuel Pablo, CNBC Indonesia
09 November 2018 11:06
Bertahan 3 Generasi, Ini Bos-bos Konglomerasi Kalla Group
Jakarta, CNBC Indonesia - Kalla Group telah eksis selama 66 tahun di Indonesia, mengembangkan bisnis di 15 provinsi di dalam negeri hingga ke Benua Eropa dan Amerika.

Karir dari salah satu bagian dari grup konglomerasi itu, yakni Jusuf Kalla, juga cemerlang di republik ini. Selain pernah menjadi Ketua Umum Golkar, JK menjadi Wakil Presiden RI di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo.

Kalla Group sendiri mulai eksis pada 1952, dan hingga kini sudah ada 4 tokoh yang memegang tongkat kepemimpinan.


Era kepemimpinan pertama ada di tangan sang pendiri, yaitu Hadji Kalla. Dia mendirikan perusahaan yang namanya sama dengan dirinya yakni Hadji Kalla (1952), dan kemudian Bumi Karsa (1969).




Kemudian, estafet kepemimpinan berpindah ke tangan Jusuf Kalla, putra dari Hadji Kalla. Di era kepemimpinan JK, Kalla Group semakin ekspansi dengan menambah perusahaan: Bumi Sarana Utama, Bumi Lintas Tama, Baruga Asrinusa, Kalla Electrical System, Kalla Inti Karsa, Bumi Sarana Beton, dan Sekolah Islah Athirah.

Setelah JK, kepemimpinan di Kalla Group masuk ke era Fatimah Kalla di mana dia mendirikan dua perusahaan baru yakni Kars Inti Amanah dan Kalla Kakao Industry. Fatimah sendiri adalah adik dari JK.

Adapun Solihin Jusuf Kalla yang merupakan putra JK, sekarang menggantikan Fatimah, sebagai Presiden Direktur Kalla Group.

Foto: Kalla Group


Solihin pada tahun depan berencana mendirikan perusahaan baru yakni Bumi Mineral Sulawesi.

"Kami bersyukur mampu bertahan hingga tiga generasi. Usia 66 tahun sudah bukan lagi usia muda. Persaingan bisnis diluar semakin ketat, ditengah situasi ekonomi global dan ancaman perang dagang AS & China. Tetapi kami tetap optimis dapat menjaga market share di timur Indonesia," kata Solihin di Makassar, Kamis (9/11/2018).


(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading