ADB Beri Utangan US$ 1 M untuk Gempa dan Tsunami di RI

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 October 2018 18:15
ADB Beri Utangan US$ 1 M untuk Gempa dan Tsunami di RI
Nusa Dua, CNBC Indonesia - Asian Development Bank (ADB) siap menggelontorkan bantuan darurat hingga US$ 1 miliar. Hal ini dilakukan mendukung keperluan anggaran dan upaya rekonstruksi wilayah Sulawesi Tengah pasca terkena gempa dan tsunami.

Komitmen tersebut disampaikan dalam pertemuan antara Presiden ADB Takehiko Nakao dan Presiden Joko Widodo di sela-sela rangkaian Pertemuan Tahunan (Annual Meeting) IMF - World Bank, Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018).

Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk rekonstruksi infrastruktur, termasuk pasokan ari dan sanitasi, sekolah, jalan, jembatan, sampai dengan jaringan listrik.


"Bantuan darurat tersebut di luar program pinjaman reguler ADB bagi Indonesia yang rata-rata mencapai US$ 2 mliar tiap tahunnya," jelas Nakao.

Pinjaman ini akan disiapkan dengan berkoordinasi melalui pemerintah, masyarakat yang terdampak serta pemangku kepentingan terkait lainnya. Dewan direktur ADB, pun akan mempercepat proses pencairan dana tersebut.

Adapun pinjaman ini memiliki ketentuan khusus berupa masa tenggang 8 tahun dan masa pembayaran kembali selama 32 tahun, lebih lama daripada biasanya. ADB juga akan memberikan bantuan tenis untuk mendukung kajian kerusakan.

Pada 8 Oktober lalu, ADB telah menyetujui hibah darurat senilai $ 3 juta yang berasal dari Dana Tanggap Bencana Asia Pasifik (Asia Pacific Disaster Response Fund) ADB untuk mendukung upaya pemberian bantuan dengan segera di Sulawesi Tengah.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading