Lowongan CPNS Bakal Dibuka, Ini Tenaga yang Banyak Dibutuhkan

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
27 June 2018 14:25
Pemerintah segera mengumumkan formasi lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS).
Jakarta, CNBC indonesia - Pemerintah segera mengumumkan formasi lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Meski demikian, belum bisa dipastikan kapan penetapan formasi lowongan calon hak abdi negara tersebut.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PANRB) Herman Suryatman mengatakan, penerimaan CPNS diperuntukkan untuk formasi guru dan tenaga kesehatan di daerah.

"Ada guru dan tenaga kesehatan di daerah. Karena memang yang membutuhkan banyak itu daerah," kata Herman saat berbincang dengan CNBC Indonesia, Rabu (27/6/2018).


Lalu bagaimana dengan Kementerian dan Lembaga terkait? Herman mengatakan, penerimaan CNPS di Kementerian dan Lembaga akan tetap bergantung pada kebutuhan penyelenggara terkait.

"Kalau di K/L, akan bergantung pada masing-masing K/L yang membidik nawacita dan sesuai dengan core business instansi," katanya.

Terkait dengan jumlah, Herman menegaskan, penerimaan CPNS tahun ini tidak akan melebihi jumlah PNS yang pensiun sekitar 220.000 orang per tahun. Hal tersebut sudah diputuskan oleh Menteri PANRB Asman Abnur.

"Tahun ini pertumbuhannya harus zero negatif. Sementara yang pensiun 220.000 orang," kata Herman.

Herman menegaskan, saat ini usulan formasi sudah disampaikan kepada instansi terkait melalui e-formasi dan masih dalam tahap validasi. Dia belum bisa memastikan, kapan formasi ini bisa rampung.



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading