Internasional

Menang Pemilu Malaysia, Mahathir Jadi Pemimpin Tertua Dunia

News - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
10 May 2018 09:33
Menang Pemilu Malaysia, Mahathir Jadi Pemimpin Tertua Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Mahathir Mohamad, 92 tahun, diumumkan resmi memenangi Pemilu untuk menjadi Perdana Menteri Malaysia. Hal ini membuat dia menjadi pemimpin tertua di dunia.

Dikutip dari CNBC Internasional, Mahathir mengalahkan pemimpin incumbent Najib Razak, yang popularitasnya jatuh karena meningkatnya biaya hidup dan skandal pada program 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Mahathir pernah menjadi mentor Najib, namun mereka berselisih setelah muncul skandal 1MDB itu.

Sebelumnya, Mahathir pernah memimpin Malaysia selama 22 tahun dan kini akan kembali lagi memimpin Negeri Jiran itu. Mahathir juga menjadi oposisi pertama yang memenangi Pemilu, menggeser koalisi Barisan Nasional yang memimpin pemerintahan Malaysia sejak merdeka pada 1957.


Raja Malaysia akan menandatangani letter of appointment yang mengesahkan Mahathir menjadi Perdana Menteri Malaysia, dalam seremonial yang nantinya digelar di Royal Palace di Kuala Lumpur.

Sementara itu, Najib juga akan memberi pernyataan ke media. Dia belum berbicara sama sekali ke public sejak hasi pemilu diumumkan, namun seorang anggota kabinet mengatakan dia akan menerima keinginan rakyat.

Mahathir sendiri mengumumkan libur nasional pada Kamis dan Jumat, termasuk Bursa Malaysia juga akan tutup pada dua hari itu.

Hasil Pemilu Malaysia yang diumumkan secara resmi adalah: koalisi Pakatan Harapan yang mendukung Mahathir meraih 113 kursi parlemen dari 222 kursi yang ada, sehingga Najib hanya memenangi 79 kursi.
(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading