RI Genjot Kapasitas Sekolah Kejuruan untuk Siapkan Calon PNS

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
10 May 2018 09:09
RI Genjot Kapasitas Sekolah Kejuruan untuk Siapkan Calon PNS
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah saat ini tengah berupaya menambah kapasitas sekolah kejuruan (vokasi) agar dapat memenuhi kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Pan-RB) Asman Abnur mengatakan dalam satu tahun sekolah vokasi hanya mampu meluluskan 8.000 orang atau 6,67% dari 120.000 PNS yang pensiun.

"Makanya tahun ini kita dorong supaya kapasitas sekolahnya ditingkatkan. Apalagi Presiden mengeluhkan jangan terlalu sedikit dan harus ditingkatkan," tuturnya di STIP Jakarta, Rabu (09/05/2018).


Selain mengembangkan sekolah vokasi, lanjutnya, saat ini pihaknya juga mendorong setiap kementerian agar mengembangkan sekolah kedinasan agar lulusannya dapat diserap langsung oleh kementerian ataupun daerah.

"Sehingga spesialisasi ini akan jadi pembibitan untuk ASN, jadi begitu tamat dia langsung jadi Kader ASN. Kita tidak lagi didik dari awal tapi dia sudah siap kerja. Kalau lulusan umum biasanyakan harus training dulu. Jadi kita harap tenaga ASN itu kompetensinya betul-betul sesuai dengan jabatannya," jelasnya. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading