Menko Darmin: Gubernur BI Terpilih Harus Turunkan Suku Bunga

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
02 February 2018 11:24
Menko Darmin: Gubernur BI Terpilih Harus Turunkan Suku Bunga
Jakarta, CNBC Indonesia – Gubernur Bank Indonesia yang baru harus dapat mendorong penurunan suku bunga kredit di Indonesia agar kompetitif dengan negara-negara lain di Asia Tenggara.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution usai mendampingi Presiden Joko Widodo ketika menghadiri Dies Natalis Universitas Indonesia ke-68, Jumat (2/1).

Darmin yang merupakan mantan Gubernur BI periode 2010-2013 ini mengemukakan kandidat gubernur bank sentral harus memiliki kombinasi semangat membuat sektor moneter lebih efisien sekaligus memiliki perhatian ke sektor riil.


“Tingkat bunga kredit pelan-pelan didorong menyamai negara-negara di ASEAN yang punya lending rate 6% kurang, kita masih 10-11%. Harus pelan-pelan didorong. Nah itu kombinasi BI dan Otoritas Jasa Keuangan,” ungkapnya.

Adapun, Gubermur BI saat ini yakni Agus D.W. Martowardojo akan habis masa tugas pada 15 Mei 2018.

Agus mengemban jabatan tersebut selama 5 tahun penuh sejak 15 Mei 2013.

Darmin mengatakan gubernur BI nantinya juga harus memiliki perhatian dan kemampuan untuk merespons perkembangan dunia, khususnya perubahan yang dilancarkan via ekonomi digital. “Kita harus tanggap.”
(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading