Groundbreaking KA Semi Cepat Jakarta - Surabaya di Tahun ini

News - Arys Adhitya, CNBC Indonesia
08 January 2018 18:39
Pemerintah optimistis groundbreaking KA Cepat tahun ini
Jakarta, CNBC Indonesia – Peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek kereta semi cepat Jakarta – Surabaya diyakini dapat dilakukan akhir tahun ini meski negosiasi dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) belum tuntas.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan negosiasi antara pemerintah dan JICA masih berkisar total biaya proyek.

Dalam catatan CNBC Indonesia, pemerintah menyebut proyek ini membutuhkan investasi Rp 60 triliun sementara JICA memperkirakan biaya mencapai Rp 90 triliun.


“Solusinya kami akan tawarkan pembangunan dalam dua tahap, Jakarta – Semarang dulu. Baru kemudian lanjut ke Suraaya,” jelas Menhub usai rapat koordinasi setingkat menteri di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Senin (08/01/2018).

Menurut Menhub, isu lain yang menjadi pembahasan dengan JICA adalah terkait perlintasan sebidang yang ada di sepanjang jalur Jakarta – Semarang,

Pemerintah menawarkan dua opsi untuk menangani sekitar 400 lintasan sebidang yang menggunakan rel eksisting yaitu membangun perlintasan melayang (elevated) untuk daerah perkotaan seperti Jakarta, Cirebon dan Semarang.

“Lalu untuk daerah lain idenya underpass. Itu masih dibahas sampai sekarang,” jelas Budi Karya.

Adapun hingga kini progres kajian pembangunan proyek sudah mencapai 75% dengan juga melibatkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).
Artikel Selanjutnya

Live! Budi Karya Blak-Blakan di IMPACT with Peter Gontha


(ray)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading