Cara Isi SPT 1770 dan 1770 S Secara Online, Mudah & Praktis!

My Money - Arrijal Rachman, CNBC Indonesia
23 January 2023 17:10
Jelang Batas Akhir, Wajib Pajak Mulai Melaporkan SPT Tahunannya. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto) Foto: Ilustrasi pelaporan SPT (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Masa pelaporan Surat Pemberitahuan atau SPT Tahunan sudah mulai dibuka Direktorat Jenderal Pajak sejak 1 Januari 2023. Namun, tenggat waktu pelaporannya tinggal menghitung beberapa bulan lagi di mana bagi wajib pajak orang pribadi hingga 31 Maret 2023, sementara bagi wajib pajak badan adalah hingga 30 April 2023.



Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo pun menyarankan supaya pelaporan pajak ini dilakukan melalui layanan online atau e-filing. Sebab melalui layanan itu, para wajib pajak bisa menghemat waktu dan biaya karena tak perlu datang langsung ke kantor pajak.

"Masih ada yang manual. Ini yang coba kita minimalisir yang menggunakan manual," ujar Suryo dikutip dari keterangannya, Jumat (20/1/2023)

Kendati begitu, dalam masa pelaporannya, terdapat dua jenis formulir yang harus dipilih wajib pajak berstatus pegawai sesuai dengan besaran penghasilannya selama setahun, yakni 1770 dan 1770 S. Formulir itu dapat diisi para wajib pajak melalui laman DJP Online.

Untuk formulir 1770 biasanya digunakan untuk wajib pajak orang pribadi yang berpenghasilan di bawah Rp 60 juta. Sedangkan untuk yang berpenghasilan di atas Rp 60 juta per tahun menggunakan formulir 1770 S. Berikut ini cara mengisi masing-masing kedua formulir itu secara online:

1. Wajib pajak masuk ke laman resmi DJP Online, www.pajak.go.id melalui handphone ataupun laptop.

2. Login dengan memasukkan nomor NIK/NPWP dan password serta kode keamanaan.

3. Jika sudah login, maka klik lapor dan pilih e-filing serta buat SPT.

4. Setelah itu akan ada opsi pengisian formulir SPT yang diberikan kepada anda baik 1770 dan 1770 S. Pilih yang sesuai dengan penghasilan anda per tahun.

5. Isi formulir berdasarkan tahun pajak dan status SPT dan klik langkah selanjutnya.

6. Di sini anda akan diarahkan untuk mengisi data langkah demi langkah yang terdiri dari 18 tahap. Mulai isi data terkait penghasilan final, harta yang dimiliki hingga akhir tahun pajak, hingga daftar utang yang dimiliki pada tahun pajak tersebut.

7. Jika Anda tidak memiliki utang pajak dan lainnya maka akan muncul status SPT anda, yakni nihil, kurang bayar, atau lebih bayar. Kemudian, lakukan isi SPT sesuai dengan status.

8. Jika telah selesai maka klik tombol setuju dan kode verifikasi akan dikirimkan ke alamat email atau nomor telepon terdaftar.

9. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan dan klik tombol kirim SPT.

10. Lalu, wajib pajak akan mendapatkan tanda terima elektronik SPT Tahunan yang dikirimkan ke email.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Bingung! Ini Cara Ajukan Bebas Pajak Rumah Warisan


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading