Berharta Rp 29 M, Venna Melinda Tak Perlu Harta Gono Gini?

My Money - Aulia Akbar, CNBC Indonesia
19 January 2023 16:15
Venna Melinda Foto: Instagram @vennamelindareal

Jakarta, CNBC Indonesia - Seperti diberitakan Detik (18/1/2023), meski Venna Melinda akan menggugat cerai Ferry Irawan, dirinya dikabarkan tidak akan khawatir seputar harta gono gini. Hal itu disebabkan karena mereka berdua sudah memiliki perjanjian pranikah.

Sejatinya, perjanjian pranikah memang berpotensi meniadakan sengketa harta gono-gini saat perceraian, selama tidak ada aset yang dibeli pasangan secara patungan.

Berdasarkan informasi dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Venna yang sempat menjadi anggota DPR RI mengantongi kekayaan senilai Rp 29,4 miliar di tahun 2017.

Seperti apa detail kekayaan Venna Melinda menurut LHKPN 2017 dan apakah nilai aset serta utang yang dimilikinya sehat dari kacamata perencanaan keuangan? Berikut ulasannya.

92% kekayaannya berasal dari aset properti

Dari Rp 29,4 miliar nilai kekayaan Venna Melinda, sebanyak Rp 27,2 miliarnya adalah aset properti. Lewat laporan di 2017 itu, Venna tercatat memiliki aset berupa empat bangunan serta empat tanah lapang di berbagai kota, yaitu Jakarta, Badung, dan Jembrana.

Detik juga sempat memberitakan bahwa venna memiliki apartemen mewah yang terletak di Kemang, Jakarta Selatan. Akan tetapi, apartemen itu dijual karena dulu dirinya berniat pindah ke rumah baru.

Sumber kekayaan terbesar kedua di harta bergerak lainnya

Bicara soal kendaraan, di tahun 2017 Venna memiliki tiga mobil dengan nilai Rp 720 juta. Sementara itu dia juga memiliki harga bergerak lainnya yang senilai Rp 1,45 miliar.

Dilansir dari situs LHKPN, adapun aset yang masuk ke dalam harta bergerak lainnya antara lain adalah perabotan rumah tangga, barang elektronik, perhiasan dan logam atau batu mulia, barang seni, persediaan barang dagang, barang jadi, atau setengah jadi, serta peralatan olahraga atau penunjang hobi.

Tabungan yang "sangat kecil"

Data LHKPN 2017 juga menyebutkan bahwa Venna Melinda memiliki aset lancar (kas dan setara kas) senilai Rp 353 jutaan. Mengapa tabungan senilai Rp 353 jutaan dinilai sangat kecil? Padahal bagi banyak orang Rp 300 juta merupakan nominal yang cukup besar.

Dalam perencanaan keuangan pribadi, ada satu penilaian kesehatan keuangan yang bernama Rasio Aset Lancar Berbanding Kekayaan Bersih. Adapun nilai rasio ideal dari rasio ini adalah 15 hingga 20% dari kekayaan bersih.

Besaran aset lancar Venna Melinda di 2017 hanya setara 1% dari kekayaan bersihnya dan jumlah ini dinilai kurang ideal.

Di tahun itu Venna juga tercatat memiliki utang senilai Rp 240 juta. Jika dibandingkan dengan total asetnya, besaran utang Venna tidak terlalu besar namun nilai utang tersebut setara dengan 62% total aset lancar.

 


[Gambas:Video CNBC]

(aak/aak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading