Jadi Kaya atau Miskin Seumur Hidup, Ini Kata Robert Kiyosaki

My Money - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
24 December 2022 20:45
Robert Kiyosaki, dok Basabali.org Foto: Robert Kiyosaki, dok Basabali.org

Jakarta, CNBC Indonesia - Pebisnis asal Amerika Serikat, Robert Kiyosaki, kembali membagikan pandangannya untuk meraih kekayaan. Melalui akun Twitter-nya, penulis buku populer Rich Dad Poor Dad ini menyebut bahwa masa-masa untuk menentukan apakah Anda bakal menjadi lebih kaya atau miskin semakin dekat.

Mereka yang memegang emas, perak dan bitcoin kembali dikatakannya akan menjadi lebih kaya ketika The Fed, pengelola keuangan, Wall Street memutar dan mencetak triliunan dolar uang baru, yang diungkapkannya sebagai fake dollars.

"Orang yang banyak menyimpan fake dollars akan menjadi pecundang terbesar. Jangan jadi pecundang," kata Kiyosaki, dikutip Sabtu (24/12/2022).

Sementara itu, dia kembali menegaskan untuk tidak pernah membeli paper asset yang menurutnya hanyalah tipu daya. Dia juga menyebut bakal ada Lehman berikutnya yang membuat banyak orang menjadi pecundang.

Menurut dia, masa itu akan segera terjadi, dan diawali dengan kejatuhan lembaga keuangan seperti Lehman. Oleh karena itu, kata dia, mereka yang masih mengandalkan paper asset harus siap miskin 'seumur hidup'.

Seperti diketahui, kejatuhan Lehman Brothers yang memicu krisis keuangan global masih menggema hingga saat ini. Krisis tersebut bahkan diidentifikasi sebagai "guncangan seismik" abad 21 dan krisis keuangan terbesar yang pernah melanda. Bahkan, banyak orang sampai bunuh diri karena kehilangan pekerjaan dan terlilit utang.

Kiyosaki juga menyebutkan jika ekonomi global bukan pasar, dan percaya ekonomi sedang menuju bubble terbesar dalam sejarah.

Ia juga menegaskan sejak dulu tidak pernah membeli saham, kecuali untuk perusahaan yang didirikannya. Founder Rich Global LLC ini juga keras mengatakan tidak suka apa pun yang dikeluarkan oleh Wall Street, The Fed, dan Treasury.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Robert Kiyosaki: Saatnya Orang Miskin Jadi Kaya, Ini Caranya


(wia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading