Begini Cara Kurangi Rugi Finansial Akibat Bencana Gempa

My Money - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
22 November 2022 15:37
Tugu Insurance Foto: Dok Tugu Insurance

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) terus menyuarakan pentingnya memiliki asuransi, tidak terkecuali asuransi properti. Asuransi properti penting dimiliki bagi semua orang untuk mengurangi dampak risiko kerugian finansial terhadap aset yang dimiliki dikarenakan adanya bencana alam, contohnya seperti gempa bumi.

Seperti diketahui, Indonesia menjadi salah satu negara dengan wilayah patahan yang tidak sedikit. Tidak jarang, gempa bumi di Indonesia sering terjadi secara tiba-tiba di berbagai wilayah.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang hidup berada di daerah potensi patahan, perlu bersiap terhadap kemungkinan terjadinya gempa sehingga bisa segera menyelamatkan diri ketika gempa terjadi.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan bila terjadi gempa di antaranya adalah menjauh dari benda besar yang berpotensi jatuh, tidak menggunakan elevator bila berada di dalam gedung, serta menjauh dari gedung, saluran bahan bakar dan gas, tiang dan kabel listrik bila sedang berada di luar rumah.

Yang terbaru, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa telah terjadi gempa pada tanggal 21 November dengan pusat gempa terletak di 10 Km Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Gempa berkekuatan 5,6 M tersebut hingga saat ini sudah memberikan kerugian finansial bagi penduduk di area Cianjur karena kerusakan terhadap aset yang dimiliki, bahkan juga sudah memakan korban jiwa," ungkap Tugu Insurance, dikutip dari siaran resmi, Selasa (22/11/2022).

Dari video dan foto yang beredar luas, terlihat banyak masyarakat yang harus rela mengalami kerugian karena terlihat rumah mereka yang ambruk, rusak, bahkan beberapa rata tidak tersisa.

Berkaca pada bencana yang sudah terjadi, produk asuransi properti yang dilengkapi perluasan gempa bumi menjadi opsi yang perlu dipertimbangkan bagi pemilik aset untuk dapat merasa lebih tenang dan fokus kepada keselamatan jiwa.

Tugu Insurance sendiri sejak lama membantu masyarakat menyadarkan pentingnya hal tersebut melalui Asuransi Property dengan perluasan gempa bumi yang dapat mencegah masyarakat yang terkena bencana gempa dari berbagai risiko yang berpotensi merusak asset mereka.

Tidak hanya gempa bumi, namun juga mencegah masyarakat mengalami kerusakan asset dari bencana tsunami, banjir, tabrakan kendaraan hingga tanah longsor.


[Gambas:Video CNBC]

(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading