Gaji Single Digit Bisa Jadi Miliarder, Ini 5 Langkahnya!

My Money - Ayyi Hidayah, CNBC Indonesia
26 October 2022 13:20
Infografis Gaji Pertama Foto: Infografis CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Meski tidak punya gaji dengan nominal yang mentereng sebenarnya Anda bisa mengumpulkan kekayaan yang besar. Namun, tentu ada kerja keras dan kerja cerdas yang harus kamu lakukan, salah satunya berkaitan dengan pengaturan keuangan.

Berikut adalah strategi yang dapat membantu Anda mengubah gaji yang tidak seberapa menjadi miliaran. Bahkan walaupun gaji Anda single digit hal itu mungkin dilakukan. Ini beberapa caranya:

1. Mulai sedini mungkin

Waktu berpihak pada Anda ketika Anda masih muda. Semakin cepat Anda mulai menyimpan uang, semakin sedikit Anda harus menabung setiap bulan untuk mencapai tujuan.

Jika Anda mulai menabung Rp3 juta per bulan pada usia 23, misalnya, Anda bisa mengumpulkan Rp 1 miliar pertama pada usia 53 tahun. Itu dengan asumsi pengembalian investasi tahunan rata-rata 6%. Jika ditempatkan pada investasi yang menawarkan imbal hasil lebih tinggi lagi tentu hasilnya akan lebih besar dan lebih cepat tercapai.

Sebaliknya, jika Anda mulai pada usia 35 tahun, Anda harus menyisihkan Rp 5 juta setiap bulan untuk mencapai tujuan yang sama pada usia 55 tahun.

2. Investasikan dana secara otomatis

Setelah berkomitmen untuk menginvestasikan uang, cara termudah untuk tetap konsisten melakukan kebiasaan ini adalah dengan membuatnya otomatis. Artinya, Anda memiliki uang dari gaji yang dikirim langsung ke akun investasi Anda setiap bulan.

Cara ini berhasil bagi Chris Reining, yang menjadi miliuner berkat kerja kerasnya sendiri pada usia 35 dan dia pensiun muda pada usia 37. Reining menyebut bahwa mengotomatiskan keuangan adalah "satu-satunya kebiasaan kecil yang mengarah pada kekayaan," katanya.

Selain itu, tips ini juga akan menghemat waktu dan energi Anda. "Saya mengotomatiskan uang saya bertahun-tahun yang lalu, dan manfaatnya adalah saya tidak perlu membuat keputusan tentang ke mana uang saya harus pergi, berapa banyak yang harus saya investasikan, apa yang harus saya investasikan dan bisa dibelanjakan, apakah saya punya cukup tabungan dan sebagainya."

3. Batasi pengeluaran di 3 pos utama

Mayoritas orang menghabiskan 70 persen dari anggaran mereka untuk tiga pos pengeluaran: rumah, transportasi, dan makan. Jika Anda dapat membatasi pengeluaran di tiga pos utama tersebut, Anda bisa melakukan banyak penghematan.

4. Cari sumber penghasilan lain

Anda membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa kaya jika hanya mengandalkan satu sumber pendapatan. "Jika Anda ingin menghasilkan banyak uang, Anda tidak bisa puas hanya dengan satu sumber pendapatan," kata Grant Cardone, yang pernah terlilit utang sebelum menjadi miliuner.
Memiliki banyak sumber pendapatan bisa dengan cara mengerjakan pekerjaan sampingan, menyewakan barang, pendapatn pasif, atau berbisnis.

5. Buat target dan rencana spesifik

Jika ingin membangun kekayaan, Anda harus memiliki tujuan yang jelas, rencana yang spesifik, dan tenggat waktu yang tegas.
Cardone merekomendasikan agar Anda mulai menghitung berapa banyak dana yang Anda butuhkan, kapan dana itu harus terkumpul, dan strategi apa yang dibutuhkan untuk mencapainya.

Dalam buku "The Millionaire Booklet: How To Get Super Rich," Cardone menulis: "Agar tujuan apa pun dapat dicapai, Anda harus memastikan bahwa target itu realistis dan dapat dilakukan."

"Buatlah hitungan-hitungannya untuk menciptakan kemungkinan, lalu tetapkan strategi."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Punya Penghasilan Terbatas? Begini Cara Aturnya


(ayh/ayh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading