Lewat Inovasi, Bank DKI Konsisten Dongkrak Inklusi Keuangan

My Money - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
12 September 2022 10:58
Lewat Inovasi, Bank DKI Konsisten Dongkrak Inklusi Keuangan Foto: Dok Bank DKI

Jakarta, CNBC Indonesia - Inovasi dan transformasi teknologi terus dilakukan oleh perbankan untuk menciptakan inklusi keuangan dan pemerataan. Salah satunya yang dilakukan Bank DKI, yang mampu menarik animo masyarakat untuk merasakan inovasi transaksi non-tunai yang dalam acara Digital Ecosystem bertajuk "Cash Free Day 2022".

Dalam acara tersebut, pengunjung dapat menikmati kuliner yang tersedia di berbagai stand dengan melakukan pembayaran menggunakan metode scan to pay QRIS melalui aplikasi JakOne Mobile maupun JakOne Pay.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengapresiasi pelaksanaan kegiatan dari Bank DKI tersebut.


"Atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kami menyambut baik, bersyukur dan bangga selama 3 hari pelaksanaan Cash Free Day Bank DKI, telah menunjukkan upaya perbaikan yang baik melalui peningkatan inovasi," kata dia dikutip dari keterangan tertulis, Senin (12/9/2022).

Dia juga mengajak masyarakat untuk mendukung berbagai program yang dicanangkan Bank DKI dalam mengembangkan UMKM melalui promosi dan pembiayaan. Tidak hanya memberikan pengalaman bertransaksi secara non-tunai melalui super app JakOne Mobile, dan JakOne Pay, acara Cash Free Day Bank DKI juga memanjakan pengunjung dengan penampilan Maliq & D'Essentials.

Selain itu, ada lomba modern dance tingkat SMA Se-Jakarta, penampilan Wayang Bharata, Zumba, serta flashmob. Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy menyebut bahwa Bank DKI saat ini terus berinovasi, terutama di bidang digital.

"Salah satu inovasi digital Bank DKI, selain scan to pay QRIS, antara lain dikembangkannya digital lending, di mana nasabah dapat melakukan pengambilan kredit melalui smartphone yang terhubung dengan OJK maupun Dukcapil," ujar Fidri.

Di samping itu, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 1 Jakarta-Banten, Roberto Akyuwen turut mengapresiasi langkah Bank DKI.

"Apresiasi kepada Bank DKI yang telah melakukan langkah dengan tepat, dibuktikan dengan penghargaan yang diterima Bank DKI. Hal ini sejalan dengan pelaksanaan transformasi digital di sektor jasa keuangan guna mendukung peningkatan inklusi keuangan masyarakat yang dilakukan oleh OJK," ucapnya.

Sebagai informasi, sampai dengan kuartal II-2022, pengguna aplikasi JakOne Mobile telah mencapai 1,7 juta pengguna dengan jumlah nominal transaksi mencapai Rp 9,1 triliun, serta volume transaksi mencapai 10,8 juta transaksi, diikuti dengan transaksi QRIS yang tumbuh 742% (yoy). Atas upaya perbaikan yang dilakukan, Bank DKI pun mendapatkan sejumlah penghargaan dari berbagai lembaga.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading