Sudah Bisa Mulai Vacation Nih, Yuk Atur Keuangan Kamu

My Money - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
23 May 2022 18:40
Ilustrasi Orang tua dan Anak Liburan (Photo by Tatiana Twinslol from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus pandemi Covid-19 di Indonesia yang menunjukkan perbaikan membuat pemerintah memberikan kelonggaran aturan. Masyarakat sudah diizinkan jalan-jalan asal tetap mematuhi protokol kesehatan. Berbagai destinasi wisata pun dibuka dan siap menyambut kedatangan pengunjung.

Selain pelonggaran penggunaan masker di luar ruangan, pemerintah juga melakukan pelonggaran kebijakan aturan perjalanan di luar dan dalam negeri tanpa perlu tes antigen dan PCR, dengan syarat cukup vaksin lengkap 1 dan 2 saja.

Tak hanya di tanah air, di luar negeri pun tak mau kalah. Jepang misalnya yang dilaporkan akan memberlakukan pembukaan perbatasannya bagi turis asing secepatnya pada akhir bulan ini, sementara Korea Selatan akan kembali menerbitkan visa perjalanan jangka pendek dan e-visa mulai 1 Juni mendatang.


Namun di sisi lain, ada hal yang sering menjadi masalah banyak orang. Apalagi kalau bukan soal bajet sebab vakansi memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Supaya liburan tak sebatas wacana dan wacana lagi, ada baiknya jika Anda menyiapkan dana dari jauh-jauh hari. Berikut caranya: 

1 Mulai Berhemat

Jika ingin uang tabungan cepat terkumpul, kamu bisa mulai mengurangi pengeluaran setiap bulan. Batasi kegiatan lain yang tidak perlu, seperti kongko dengan teman, jajan-jajan kekinian, dan lainnya.

Sebab gaya hidupsemacam itujustru dapat membuat pengeluaran membengkakdan akibatnyajadi susah untuk menabung. Sebaliknya, dengan mengurangi jajan, kamu bisa menghemat lebih banyak uang.

2 Sisihkan Dana Secara Konsisten

Pada dasarnya menabung untuk menyiapkan bajet liburan tidak sulit-sulit amat. Dengan catatan kamu menyisihkan sebagian uang dari penghasilan secara rutin.

Tidak perlu dalam jumlah yang besar alias hanya perlu menyesuaikan dengan uang yang bisa ditabung dalam setiap bulannya.

Supaya lebih mudah, akan lebih baik jika menyisihkan uang tabungan di awal bulan. Jangan menunggu sisa di akhir bulan agar kamu tidak tergoda menggunakannya untuk hal lain di luar kebutuhan.

3 Buat Rincian Bajet

Langkah selanjutnya adalah membuat rencana anggaran. Kamu bisa merinci perkiraan biaya untuk keseluruhan kegiatan buat berlibur, mulai dari transportasi, akomodasi, dan anggaran untuk jajan selama di sana. Dengan begitu, akan lebih mudah saat menentukan berapa jumlah yang perlu ditabung.

4 Alokasikan Dana agar Tidak Tercampur

Kemudian yang paling penting yaitu memastikan agar uang tabungan tidak bercampur. Sebab tidak menutup kemungkinan uang tersebut akan terpakai untuk keperluan lain ketika disimpan di rekening yang sama.

Agar dana liburan tidak diutak-atik, maka kamu bisa membuat tabungan khusus untuk melancong.


[Gambas:Video CNBC]

(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading