Apa Itu Hosting? Kenali Fungsi dan Cara Kerjanya

My Money - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
11 May 2022 10:26
Pekerja melayani calon pemebeli laptop di mall Ambassador, Jakarta, Kamis (10/3/2022). Harga laptop di dalam negeri makin melambung karena adanya krisis chipset semikonduktor selama pandemi. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pernahkah Anda membuat website atau blog entah untuk berdagang mencari cuan atau sekadar menyalurkan hobby menulis? Jika demikian, tentu anda sudah setidaknya mendengar istilah hosting. Lantas, apa hubungan antara website dan hosting? Mengapa perlunya domain pada halaman web?

Dalam kebutuhan bisnis, umumnya perusahaan memanfaatkan paket hosting untuk dapat mengelola website dengan baik. Tujuannya agar mudah dikenal oleh pengguna di internet.

Hosting merupakan layanan penyimpanan dan sumber daya komputasi kepada individu atau organisasi dalam memenuhi kebutuhan pemeliharaan situs web dan layanan yang terkait.

"Meskipun hosting tidak harus berbasis IP, namun sebagian besar adalah layanan berbasis web, yang kemudian memungkinkan situs web dapat diakses secara global," demikian ulasan dari Zyro, platform penyedia free hosting.

Mengenal Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file dan data sehingga dapat diakses oleh semua orang melalui internet. Data tersebut bisa berupa video, gambar, email, script, aplikasi, dan database.

Hosting memberi fasilitas berupa perkembangan dan pertumbuhan internet. Hosting tersedia oleh penyedia jasa layanan untuk membangun infrastruktur komputasi backend khusus.

Tanpa keberadaan hosting, maka Anda tak akan bisa membuat website. Itulah kenapa, Anda perlu menggunakan layanan hosting terlebih dulu untuk membuat website.

Dalam membangun website, ketika Anda ingin memiliki situs dengan kapasitas dan performanya tinggi, Anda butuh hosting yang sumber dayanya besar.

Fungsi Hosting

Hosting punya banyak kegunaan yang dapat anda manfaatkan. Berikut adalah beberapa fungsi dari penggunaan hosting.

1. Membuat Halaman Website

Hosting berfungsi untuk menciptakan sebuah situs dengan banyak banyak informasi dan dokumen terkait pengguna atau bisnis di dalamnya. Dengan menggunakan paket hosting, maka halaman situs anda akan ditampilkan di search engine supaya dapat diakses oleh pengunjung melalui internet.

2. Mengembangkan Situs Jual Beli Online

Apabila Anda ingin membuat website toko online, maka Anda harus menggunakan hosting agar informasi yang anda cantumkan dapat terindeks mesin pencari. Pengembangan website toko online berpotensi mendatangkan konsumen lebih besar dan cakupan luas.

3. Membuat Email Profesional

Kemudian, hosting juga berfungsi untuk membuat email profesional dengan domain Anda sendiri. Tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas bisnis anda. Di sini, Anda juga akan terlihat lebih profesional.

4. Mampu Melindungi Website dengan SSL

Hosting juga melindungi website dari serangan malware, virus, serangan DDOS atau spam. Maka, dengan adanya hosting, anda dapat memasang SSL (Secure Socket Layer) supaya situs anda lebih aman dan maksimal.

Cara Kerja Web Hosting

Web hosting terjadi saat file yang membentuk situs web diunggah dari komputer lokal ke server web. Sumber daya server, ,mulai dari RAM, ruang hard drive, dan bandwidth akan dialokasikan ke situs web yang memanfaatkannya.

Pembagian sumber daya server tersebut bervariasi, yang berdasarkan pada jenis paket hosting dipilih. Untuk memilih paket hosting yang sesuai, Anda harus terlebih dahulu membedakan antara paket yang tersedia.

Umumnya, penyedia jasa web hosting akan memberikan paket sehingga bisa terakses pada server dengan melalui solusi. Dengan demikian akan membuat Anda lebih mudah dalam mengunggah file yang melalui server tersebut.

Sehingga ketika Anda telah memiliki sebuah website yang berdomain tinggi, maka situs tersebut akan diarahkan pada server yang memungkinkan pengguna dapat mengunjunginya melalui browser mereka.

Jenis Web Hosting

Server web hosting menyimpan banyak data seperti gambar, file, data pelanggan dan masih banyak lagi. Perlu Anda ketahui, layanan web hosting juga beragam.

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah layanan web hosting dengan budget yang kecil. Layanan ini dipakai tidak hanya satu pihak saja melainkan berbagi dengan yang lainnya atau dipakai bersamaan.

Lantaran biaya yang dibutuhkan sedikit namun hak akses ke server dan setting server sangat terbatas dan ditentukan oleh pengelola server. Kemudian, ada kemungkinan akan terjadi overload dan mengganggu pemilik website yang lain.

2. Cloud Hosting

Layanan ini memiliki banyak server. Karena jumlah yang banyak tersebut maka web hosting jenis ini dinilai stabil dan memiliki sumber daya yang tak terbatas. Jika Anda memilih jenis cloud hosting, ini nantinya masing-masing server dapat berinteraksi dan tersambung satu sama lain.

3. VPS (Virtual Private Server)

Untuk Anda yang memiliki pengunjung website dengan jumlah banyak, VPS merupakan pilihan jenis web hosting terbaik. Meski memiliki kinerja yang sama dengan shared hosting namun kualitas sumber dayanya setingkat lebih tinggi.

Di sini, pemilik website memiliki hak penuh atas pengaturan servernya masing-masing. Maka, biayanya pun lebih mahal ketimbang shared hosting. Jika Anda memilih layanan VPS ini, pastikan Anda melakukan instal panel kontrol mandiri.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading