Saran Sosok Ini Bikin Bill Gates Jadi Orang Terkaya di Dunia

Market - Zefanya Aprilia, CNBC Indonesia
21 March 2023 14:55
Bill Gates discusses his book Foto: Bill Gates (Photo by Evan Agostini/Invision/AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Siapa yang tidak kenal Bill Gates? Ia merupakan pendiri Microsoft yang kini menduduki peringkat ke-5 orang terkaya di dunia. Menurut Forbes Real Time Billionaire, Gates saat ini memiliki US$ 107,1 miliar atau Rp1664,3 triliun (asumsi kurs Rp15.353,40).

Di balik kesuksesan Gates, ternyata ada andil sosok miliarder lain dalam jalan karir dan hidupnya. Hal ini ia ungkapkan kepada chatbot AI mirip ChatGPT, saat wawancara dengan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak bulan lalu.

Bot bertanya kepada Gates tentang saran terbaik yang pernah dia terima dan bagaimana hal itu memengaruhi hidupnya sendiri. Sebagai tanggapan, pria berusia 67 tahun itu mengeluarkan beberapa kata dari teman lamanya dan sesama miliarder Warren Buffett tentang masalah persahabatan.

"Warren Buffett berbicara tentang [bagaimana], pada akhirnya, bagaimana teman benar-benar memikirkan Anda dan seberapa kuat persahabatan itu [yang penting]," kata Gates.

Gates dan Buffett telah berteman selama lebih dari tiga dekade. Kepentingan bersama mereka melampaui kekayaan mereka. Duo miliarder ini mendirikan The Giving Pledge, yang mendorong orang-orang terkaya di dunia untuk menyumbangkan setidaknya setengah dari kekayaan mereka untuk tujuan amal, dan kadang-kadang menjadi teman bermain kartu bridge dan golf.

Gates sebelumnya telah membahas pelajaran yang dia pelajari dari Buffett yang kini berusia 92 tahun, mulai dari berinvestasi hingga manajemen waktu. Dia secara konsisten menempatkan nasihat Buffett tentang persahabatan di bagian atas daftar itu.

"Saya telah belajar banyak hal dari Warren selama 25 tahun terakhir, tetapi mungkin yang paling penting adalah tentang persahabatan," tulis Gates dalam posting blog tahun 2016.

"Meskipun dia memiliki jadwal yang padat, Warren masih menemukan waktu untuk membina persahabatan seperti beberapa orang lain yang saya kenal," tambah Gates.

"Dia mengangkat telepon dan menelepon untuk menyapa. Dia secara teratur mengirimkan artikel yang dia baca yang menurutnya menarik bagi saya,"

Buffett dalam acara dengan Gates di Colombia University mengatakan tentang pentingnya memilih teman yang baik, dan menjadi teman yang baik bagi diri Anda sendiri. Itu berarti mengelilingi diri dengan orang-orang yang lebih baik dari diri sendiri. Sehingga dapat belajar dari dan terinspirasi oleh mereka.

"Anda akan bergerak ke arah orang-orang yang bergaul dengan Anda," kata Buffett.

"Beberapa teman memang mengeluarkan yang terbaik dari diri Anda, jadi bagus untuk berinvestasi dalam persahabatan itu," kata Gates selaras.

Mendukung gagasan itu, penelitian Mayo Clinic menunjukkan persahabatan yang kuat dan bermakna bisa sangat penting bagi kesuksesan karier seseorang. Termasuk memberikan dorongan pada harga diri dan ketahanan mental. Selain itu, mempertahankan persahabatan yang baik sepanjang hidup juga membuat seseorang lebih bahagia dan mengurangi stres, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Buffett sendiri saat ini menduduki peringkat ke-6 orang terkaya di dunia versi Forbes Real Time Billionaire. Kekayaan Buffett saat ini tercatat sebesar $US 104,6 miliar atau setara Rp1605,9 triliun.

"Ketika Anda mencapai usia saya, Anda akan benar-benar mengukur kesuksesan Anda dalam hidup dengan berapa banyak orang yang Anda inginkan untuk mencintai Anda yang benar-benar mencintai Anda," kata Buffett dalam pidato tahun 2001 di University of Georgia.

"Jika Anda mencapai usia saya dalam hidup dan tidak ada yang menganggap Anda baik, saya tidak peduli seberapa besar rekening bank Anda - hidup Anda adalah bencana. Itulah ujian terakhir tentang bagaimana Anda menjalani hidup Anda".


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jreng! Aksi Senyap Warren Buffet Tinggalkan Produsen Chip


(Zefanya Aprilia/ayh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading