Siap-Siap, Mitratel Mau Buyback Saham Rp 1,5 Triliun

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
07 March 2023 07:45
Konfrensi Pers Pencatatan Saham Perdana  PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) atau Mitrate. (Dok. Mitrate) Foto: Konfrensi Pers Pencatatan Saham Perdana PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) atau Mitrate. (Dok. Mitrate)

Jakarta, CNBC Indonesia - Anak usaha BUMN dibidang telekomunikasi, PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MTEL) berencana akan melakukan pembelian kembali (buyback) saham sebanyak Rp 1,5 triliun. Rencana buyback tersebut tidak akan melebihi 7,88% dari jumlah modal yang ditempatkan dan disetor penuh.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), MTEL berencana untuk melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada tanggal 14 April 2023

Adapun alasan perseroan melakukan aksi korporasi ini karena menejemen memandang perlu adanya fleksibilitas yang memungkinkan perseroan memiliki mekanisme untuk meniaga stabilitas harga saham, untuk mendukung tingkat harga saham vang mencerminkan nilai/kineria Perseroan vang sebenarnva.

Selain itu, upaya mengoptimalkan excess kas untuk meningkatkan return kepada pemegang saham

Perseroan optimis bahwa buyback saham tidak memberi dampak material negatif terhadap kegiatan usaha, mengingat memiliki fleksibilitas dalam melakukan buyback saham dan butback saham akan dilaksanakan dengan mempertimbangkan kegiatan usaha, kondisi keuangan, kebutuhan modal kerja dan adanya sumber pendanaan vang cukup untuk melakukan buyback saham.

"Pelaksanaan transaksi buyback saham akan dilaksanakan melalui perdagangan di BEl," tulis manajemen, Selasa (7/3).

Pendapatan Perseroan diperkirakan tidak menurun akibat pelaksanaan buyback saham. Buyback saham diperkirakan akan berdampak minimal terhadap biaya pembiayaan. Buyback saham juga akan menurunkan aset dan ekuitas sebesar jumlah buyback saham.

Buyback diharapkan dapat memberikan keyakinan kepada investor atas nilai saham sesuai fundamental Perseroan. Buyback saham juga memberikan fleksibilitas bagi Perseroan dalam mengelola modal jangka panjang dimana saham treasuri dapat dijual di masa yang akan datang dengan nilai yang optimal jika perseroan memerlukan penambahan modal.

Jadwal RUPST MTEL diantaranya, pada 6 Maret 2023 yakni pengumuman RUPST, keterbukaan informasi kepada pemegang saham 6 Maret 2023, tanggal daftar pemegang saham yang berhak hadir dalam RUPST 20 Maret 2023, pemanggilan RUPST 21 Maret 2023, RUPST 14 April 2023, dan penyampaian ringkasan risalah RUPST pada 17 April 2023.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

MTEL Jadi yang Terbaik di Antara Perusahaan Menara


(rob/ayh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading