Ternyata Aman! Ini Rahasia Transaksi Nego Dua Perak GOTO

Market - Putra, CNBC Indonesia
02 December 2022 17:37
Sejumlah pengemudi Gojek bersiap untuk mengendarai motor listrik usai peresmian shelter motor listrik G20 di kawasan pariwisata ITDC Nusa Dua, Bali, Rabu (19/10/2022). Sebanyak 50 motor listrik dengan merek Gesits dan Gogoro disediakan Electrum untuk armada ojek online (ojol) Gojek dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia, yang akan berlangsung pada 15-16 November 2022 mendatang di Nusa Dua, Bali. (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto) Foto: Sejumlah pengemudi Gojek bersiap untuk mengendarai motor listrik usai peresmian shelter motor listrik G20 di kawasan pariwisata ITDC Nusa Dua, Bali, Rabu (19/10/2022). Sebanyak 50 motor listrik dengan merek Gesits dan Gogoro disediakan Electrum untuk armada ojek online (ojol) Gojek dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia, yang akan berlangsung pada 15-16 November 2022 mendatang di Nusa Dua, Bali. (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) kembali terkena ARB di hari kedua lock up saham. Di tengah koreksi tersebut muncul transaksi di pasar negosiasi di saham GOTO di harga Rp 2/unit yang membuat para pelaku pasar bingung.

Usut punya usut, ternyata transaksi tersebut bukanlah transaksi di pasar negosiasi biasa akan tetapi merupakan transaksi exercise dari Employee Stock Option Program (ESOP) atau opsi saham karyawan.

Sebelumnya dalam prospektus GOTO memang sudah disebutkan bahwa Goto Peopleverse Fund pascaperiode lockup berakhir, akan mendistribusikan opsi saham GOTO kepada karyawan di harga Rp 2/unit hingga Rp 202/unit.

Hal inilah yang menyebabkan pada hari ini banyak terjadi transaksi di pasar negosiasi di rentang harga tersebut karena para karyawan GOTO antusias untuk menukarkan opsi saham miliknya menjadi saham.

Sebelumnya data perdagangan mencatat muncul transaksi pasar negosiasi di saham GOTO sebanyak 57,3 juta lot di harga Rp 2/unit atau senilai Rp 11 miliar.

Total transaksi di pasar negosiasi di saham GOTO hari ini sendiri terpantau amat ramai di mana terdapat 322 juta saham ditransaksikan dengan nilai transaksi mencapai Rp 3,2 triliun dengan rata-rata transaksi di harga Rp 100/unit.

Di awal perdagangan harga saham GOTO memang langsung turun 6,38% ke Rp 132/unit dari posisi penutupan sebelumnya di Rp 141/unit.

Nilai transaksi saham GOTO tercatat berada di angka Rp 25 miliar dengan volume mencapai 194 juta saham. Sementara itu antrean jual di harga ARB tercatat mencapai 264 juta lot atau Rp 3,4 triliun.

Penguncian atau lock up saham GOTO resmi dibuka kemarin, Kamis (1/12/2022). Jelang dan pascalock up dibuka harga saham GOTO masih terus tertekan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

GOTO All Time Low Lagi, 250 Juta Saham Nangkring di ARB


(trp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading