Ini Pemicu Laba Rukun Raharja (RAJA) Naik 300% Lebih

Market - dhf, CNBC Indonesia
25 November 2022 11:36
Dok.Rukun Raharja Foto: Dok.Rukun Raharja

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) membukukan laba bersih US$ 4,58 juta pada kuartal III-2022. Torehan ini terbilang fantastis, lantaran angkanya melesat 43 kali lipat atau setara 337,62% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, US$ 105.747.

Berdasarkan laporan keuangan, Jumat (25/11/2022), emiten milik suami Puan Maharani ini, Happy Hapsoro, sejatinya hanya membukukan kenaikan pendapatan 20,84% secara tahunan menjadi US$ 87,88 juta.

Usut punya usut, kenaikan laba ratusan persen yang diperoleh RAJA dipengaruhi olej laba entitas anak. Pada pos keuangan ini, nilainya sebesar US$ 5,91 juta, naik 162% dibanding periode yang sama tahun lalu, US$ 2,52 juta.

RAJA belakangan ini memang cukup agresif berekspansi. Perusahaan membentuk anak usaha baru bersama pihak lain untuk menggarap sejumlah bisnis. Dari kinerja anak-anak usaha patungan yang sudah berjalan itu RAJA meraup laba entitas anak.

Laba tersebut berpotensi bertambah ke depan. Sebab, RAJA masih memiliki agenda serupa ke depan. Salah satu yang terbaru, RAJA mendirikan PT Banggai Ammonia Indonesia. RAJA memiliki porsi kepemilikan 40% atas anak usahanya tersebut.

Kenaikan laba entitas anak itu juga yang membuat laba bersih RAJA kuartal tahun ini melesat. Perolehan laba ini juga ditopang oleh operasional bisnis yang masih cukup efisien.

Efisiensi itu tercermin salah satunya dari kenaikan beban pokok yang masih terukur, yakni sekitar 17,77% secara tahunan menjadi US$ 73,63 juta.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Semester I, Emiten Mantan Bos WIKA Cetak Penjualan Rp 2 T


(dhf/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading