Sabda Luhut & Harga Dunia Picu Saham Batu Bara Berguguran

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
10 November 2022 13:15
Batu Bara Black Diamond (Dok: Black Diamond Resources) Foto: Batu Bara Black Diamond (Dok: Black Diamond Resources)

Jakarta, CNBC Indonesia - Daftar saham top losers hari ini didominasi oleh saham batu bara. Dari 10 saham dengan penurunan paling dalam, 6 diantaranya merupakan saham di sektor batu bara.

Saham PT Indika Energy Tbk (INDY) mencatat penurunan 6,62% ke level Rp 2.680 per saham. Ini penurunan terbesar dibanding pemain batu bara lainnya sekaligus menempati urutan tiga teratas daftar top losers.

Selain INDY, berikut saham batu bara yang masuk jajaran 10 besar top losers.

- PTBA turun 5,19% ke level Rp 3.470 per saham.

- UNTR turun 5,085 ke level Rp 29.425 per saham.

- ADRO turun 4,12% ke level Rp 3.490 per saham.

- HRUM turun 3,98% ke level Rp 1.570 per saham.

- ITMG turun 3,64% ke level Rp 40.400 per saham.

Sebagai catatan, PT United Tractors Tbk (UNTR) memang berbisnis alat berat. Tapi, entitas Grup Astra ini juga memiliki bisnis batubara melalui PT Tuah Turangga Agung.


Luhut Binsar Pandjaitan & Harga Batu Bara Global.

Pergerakan saham batu bara sepanjang hari ini dipengaruhi oleh dua sentimen. Salah satunya adalah, rencana pemerintah untuk memensiunkan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menegaskan Indonesia berkomitmen untuk aktif mengurangi emisi karbon. Salah satu langkah nyatanya adalah pemerintah siap mempensiunkan PLTU pada acara puncak KTT G20 di Bali, pekan depan.

"Pada kesempatan yang baik ini di COP 27, saya mengajak semua orang untuk bisa menghadiri puncak acara KTT G20, Presidential Summit di Bali. Kami akan mengumumkan salah satu langkah sukses kami dalam menghentikan operasional pembangkit batubara dan mengubahnya ke pembangkit berbasis EBT," ujar Luhut dalam keterangan resmi.

Luhut menilai untuk bisa mengakselerasi target NZE diperlukan akselerasi sistem dan juga memperkaya framework dalam transisi energi.

PLN akan mempensiunkan PLTU nya secara bertahap. Ini memerlukan kerja bersama karena untuk menjalankan proyek ini butuh investasi yang tidak sedikit.

"Kami sangat terbuka atas kolaborasi dengan para partner dan juga negara tetangga. Kami akan menjelaskan success story kerja sama kami dengan Jepang untuk bisa menurunkan emisi global," tandas Luhut.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan bahwa mempensiunkan PLTU merupakan insiatif PLN dalam mempercepat tercapainya target NZE di 2060. PLN akan mempensiunkan 6,7 Giga Watt (GW) PLTU pada 2040 mendatang dan total 16 GW hingga 2060 mendatang.

"Sebagai bagian dari komitmen NZE 2060, PLN berkomitmen untuk menghentikan PLTU pada umur ekonomisnya, bukan memperpanjang. Dan kami bahkan mempercepat masa pensiun ini sebagai bukti komitmen kami dalam mengejar target NZE," ujar Darmawan pada kesempatan yang sama.

Sentimen lain pemangkas saham batu bara adalah harga komoditas ini sendiri di pasar global.

Harga batu bara terus masih betah berkutat di zona merah. Pada perdagangan Rabu (9/11/2022), harga batu bara kontrak Desember di pasar ICE Newcastle tercatat US$ 300,15 per ton. Harga pasir hitam ambruk 7,2% dibandingkan hari sebelumnya.

Jika dihitung dalam sehari, penurunan sebesar 7,2% adalah yang terbesar sejak 5 Juli 2022 di mana 18 Juli 2022 di mana harga batu bara ambruk 8% sehari. Sementara itu, jika dihitung dari puncak harga sepanjang masa yang tercatat pada 5 September lalu (US$ 463,75 per ton) maka harga pasir hitam sudah ambruk 35,3%.

Harga batu bara pada penutupan perdagangan kemarin juga menjadi yang terendah sejak 2 Mei 2022 atau tujuh bulan terakhir. Pelemahan harga tersebut memperpanjang tren negatif yang sudah berlangsung sejak Kamis pekan lalu atau lima hari terakhir.

Dalam sepekan, harga batu bara juga sudah ambruk 17,2 % secara point to point. Dalam sebulan terakhir, harga batu bara sudah jeblok 21,1% sementara dalam setahun masih melonjak 88,5%.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sempat Menghijau, IHSG Ditutup Memerah


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading