OJK Beberkan Amunisi RI Tahan Gempuran Krisis Global

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
04 October 2022 14:30
Mahendra Siregar (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Mahendra Siregar (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia diperkirakan masih mampu menahan gempuran global yang akan jatuh ke jurang resesi. Salah satu alasannya adalah fundamental ekonomi Indonesia yang jauh lebih baik dari banyak negara lain.

"Pertumbuhan Indonesia bisa tetap dapat tumbuh dengan baik. Saat kondisi global memburuk dan memburuknya cepat perekonomian Indonesia tetap terjaga pertumbuhannya dan bahkan bisa lebih cepat lagi," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar secara virtual, Selasa (4/10/2022).

Mahendra mengungkapkan, Indonesia tidak mengumbar anggaran yang menjadi 'amunisi' secara berlebihan. Maka dari itu setelah pandemi berakhir, anggaran tersebut dapat digunakan pada tatanan semula saat untuk mengawal pemulihan ekonomi.

"Kenapa Indonesia tak terdampak, alasannya karena pengelolaan ekonomi kita relatif jauh lebih baik dari negara-negara lain di dunia. Tak mengumbar amunisi secara berlebihan. Dan setelah pandemi selesai amunisi dikembalikan pada tatanan yg sudah disepakati untuk kondisi normal," tuturnya.

Alasan kuatnya ekonomi nasional yang masih mampu tumbuh dengan cepat, yaitu jumlah produksi dan populasi tenaga kerja, serta pelaku pasar dan investor domestik yang cukup besar sehingga dapat memitigasi dampak perekonomian global yang makin memburuk. "Momentum pertumbuhan ekonomi yang baik itu bisa kita jaga," ungkapnya.

Apalagi, lanjutnya, populasi generasi muda an Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkembang dan berkualitas menjadi kunci utama potensi pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

"Dengan SDM, kemampuan daya beli, kepahamannya berinvestasi, maka pasar dalam negeri Indonesia makin besar dan kita tak bergantung lagi kepada efek dari persoalan ekonomi dunia tadi," imbuhnya.

Mahendra menambahkan, peranan generasi muda juga berkorelasi dengan potensi pertumbuhan investor domestik yang menentukan penyaluran dan pengadaan modal bagi perusahaan yang berkembang dan ingin ekspansi.

"Maka Indonesia saya ke depan bisa menjaga pertumbuhan dengan baik sehingga berbagai langkah dan sasaran yang ingin dicapai juga akan bisa tercapai dengan baik," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sah! Dewan Komisioner OJK Periode 2022-2027 Resmi Dilantik


(rob/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading