Ini Dia Motor Listrik Keluaran Astra, Minat Beli?

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
23 September 2022 08:05
Direktur PT Astra International Tbk dan Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto berfoto diantara mobil listrik berteknologi Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). (Toyota) Foto: Toyota

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Astra Internasional Tbk (ASII) akan mendukung kebijakan pemerintah dalam program pengurangan emisi karbon dengan mulai merambah pada kendaraan listrik, termasuk motor listrik. 

Direktur Astra Johannes Loman mengatakan, PT Astra International Tbk (ASII) melalui PT Astra Honda Motor juga memiliki roadmap bisnis sepeda motor listrik di Indonesia pada tahun ini.

"Partner kami, Honda Motor pada tanggal 13 September yang lalu telah mengumumkan akan memperkenalkan 5 model electric mobile dan electric bicycle yang compact dan terjangkau untuk masyarakat kita, mulai saat ini hingga tahun 2024, di Asia, Eropa, Jepang, dan Tiongkok," ungkapnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (22/9/2022). 


Selain itu, untuk penggunaan personel atau disebut electric motorcycles commuter, Honda berencana untuk memperkenalkan dua sepeda motor listrik pada tahun 2024 dan 2025, di Asia termasuk Indonesia, Eropa dan juga Jepang.

"Jadi untuk Indonesia pada tahun ini, Astra Honda Motor akan menyampaikan roadmap dan strategi bisnis sepeda motor listrik di Indonesia," pungkasnya.

Vice President Director Toyota Astra Motor Henry Tanoto mengungkapkan, pihaknya akan berinvestasi lebih pada kendaraan listrik dengan target sebanyak 30 model atau sebanyak 3,5 juta kendaraan listrik berbasis baterai hingga 2030 mendatang.

"Kami selalu mendukung kebijakan pemerintah bagaimana mengadopsi EV dan mengurangi emisi karbon. Principal movement kita mengumumkan komitmen akan menginvestasi lebih di EV dengan target ada 30 EV model hingga 2030 dengan target 3,5 juta BEV," ujarnya. 

Henry menyebut, tahun ini Astra memperkenalkan Lexus UX 300 sebagai kendaraan BEV yang diberikan kesempatan untuk mendukung kegiatan Presidensi G20. "Kebanggaan buat kita, terima kasih kepada pemerintah yang telah beri kesempatan. Di GIIAS juga kita tampilkan BEV dari Toyota yang pertama," tuturnya.

Menurutnya, yang terpenting adalah bagaimana perusahaan dapat berkontribusi lebih besar terhadap pengurangan bahan bakar. Harapannya dengan memiliki teknologi yang ramah lingkungan merupakan suatu kesempatan bagi perusahaan dan dari masyarakat untuk mengurangi emisi karbon.

"Di Toyota selain menyediakan BEV model, kita siapkan Hybrid model. Akhir tahun ini keluarkan produk lokal untuk hybrid," imbuhnya. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kinclong, Laba Bersih Astra Melesat 84%


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading