Siapa Pemilik Alfamart ? Sempat Masuk Daftar Orang Terkaya RI

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
15 September 2022 10:10
Dok Instagram @alfamartkarir_bekasi Foto: Dok Instagram @alfamartkarir_bekasi

Jakarta, CNBC Indonesia - Ritel mini supermarket Alfamart yang ada dimana-mana menjadi penyedia kebutuhan hidup sehari-itu sudah telah tersebar di 18 ribu toko diseluruh Indonesia. Ternyata, dibalik kesuksesan pendiri sekaligus pemilik Alfamart adalah Djoko Susanto. Bahkan, dinobatkan menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia berkat kesuksesan usaha yang dimilikinya.

Bahkan Djoko masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia di tahun 2021. Daftar ini merujuk pada Forbes World's Billionaires List The Richest in 2021.

Forbes juga mencatat kekayaan riil Djoko per hari ini mencapai US$ 1,8 miliar. Nilai ini merupakan yang tertinggi sejak 2017.

Pada 2017, kekayaan riil Djoko mencapai US$ 1,3 miliar. Lalu turun menjadi US$,12 miliar di tahun 2020. Sebelum akhirnya melonjak jadi US$ 1,9 miliar pada 2021.

Djoko lahir di Jakarta pada 1950 dengan nama Kwok Kwie Fo. Pada umur 17 tahun, Djoko Susanto mulai mengelola kios milik orang tuanya di Pasar Arjuna, Jakarta.

Kios sederhana orang tuanya bernama Sumber Bahagia, yang awalnya hanya fokus menjual bahan makanan. Kemudian ia melihat peluang dari menjual rokok, karena menurutnya, rokok selalu laku dan banyak peminatnya.

Bisnisnya cepat membuat para perokok dan pengusaha grosir serta pengecer menjadi pelanggan tetap. Dia bertaruh, perokok akan membayar lebih banyak daripada yang dibayangkan.

Hal ini menarik perhatian Putera Sampoerna, yang mempunyai perusahaan rokok tembakau dan cengkeh terbesar di Indonesia saat itu. Mereka bertemu pada awal 1980 dan bersepakat pada 1985 untuk membuat 15 kios di beberapa lokasi di Jakarta.

Singkat cerita pada 2009, Djoko pun membawa Alfamart melantai di Bursa Efek Indonesia. Saat itu, Alfamart tercatat sudah memiliki 3.300 gerai.

Bisnis Alfamart terus berkembang sehingga pada 2011, Djoko membuat debutnya dengan masuk dalam daftar 40 orang terkaya di Indonesia versi Forbes di urutan 25. Saat itu, kekayaannya sudah mencapai US$ 1,04 miliar.

Selain bisnis supermarket, Djoko Susanto masih memiliki lini bisnis lainnya, satu di antaranya properti.

Menurut forbes.com, kekayaan Djoko Susanto saat ini mencapai Rp 3,2 miliar atau jika dirupiahkan menjadi Rp 47,6 triliun. Dan menjadi urutan nomor 22 untuk orang terkaya di Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Daftar Pengusaha Pemilik Kampus Terkenal di Indonesia, Tajir!


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading