Mantap! Kopi Kenangan Bentar Lagi Jualan Kopi di Malaysia

Market - Demis Rizky Gosta, CNBC Indonesia
01 September 2022 15:25
Harumnya Bisnis Industri Kopi (CNBC Indonesia TV) Foto: Harumnya Bisnis Industri Kopi (CNBC Indonesia TV)

Nusa Dua, CNBC Indonesia - Kopi Kenangan mulai go international. Tidak tanggung-tanggung, 10 outlet Kopi Kenangan bakal muncul di luar negeri mulai dari gerai pertama di Malaysia.

CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata menjelaskan bahwa Kopi Kenangan sudah lama berambisi untuk melebarkan sayap ke pasar regional.

Namun, dampak pandemi membuat rencana tersebut tertunda dan baru bisa terealisasi tahun ini.

Rencananya, 10 outlet Kopi Kenangan akan hadir di Malaysia pada kuartal terakhir 2022.

"Kita mau langsung 5, tapi nanti by total ada 10. Di satu negara dulu," katanya di sela ajang Nexticorn International Summit 2022, Kamis (1/9/2022).

Dia menjelaskan bahwa Kopi Kenangan akan menggunakan brand lain untuk outlet mereka di luar negeri. Nama yang dipilih kemungkinan adalah Kenangan Coffee.

Edward yakin nama besar Kopi Kenangan sebagai unicorn F&B pertama di Asia Tenggara dan brand yang didukung oleh venture capital milik Jay Z, cukup kuat untuk memikat pelanggan di Malaysia.

Langkah ekspansi lain Kopi Kenangan, ke bisnis produk FMCG (fast-moving consumer good), juga sukses.

Edward menjelaskan bahwa dalam dua bulan peluncuran produk kopi kemasan Kopi Kenangan sudah menjadi produk dengan penjualan terbesar ketiga di pasar ritel modern.

Biaya produksi produk kopi kemasan Kopi Kenangan, menurut dia, juga sangat efisien karena memanfaatkan jasa OEM alih-alih mendirikan fasilitas produksi sendiri.

"Kami akan tambah jadi dua OEM pada akhir tahun ini. [Harapan kami] dalam tiga bulan [unit produk kemasan] akan profitable," kata Edward.

Artikel Selanjutnya

Pasca Libur Waisak Hari Ini, Harga CPO Siap Bangkit?


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading