Review Sepekan

Dolar Beringas Tekan Harga Emas, Antam Masih Rp 900 Ribuan

Market - Tri Putra, CNBC Indonesia
21 August 2022 13:45
Petugas menunjukkan emas batangan di sebuah gerai emas di Pegadaian, Jakarta. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Petugas menunjukkan emas batangan di sebuah gerai emas di Pegadaian, Jakarta. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas dunia terus tertekan dan melorot sejak kuartal pertama. Pelemahan harga emas disebabkan karena dolar AS yang beringas.

Harga emas dunia telah turun dari posisi tertingginya tahun ini pada 8 Maret 2022 di US$ 2.052/troy ons. Per Jumat (19/8/2022), harga emas dunia ditutup di US$ 1.747,89/troy ons.

Dalam sepekan terakhir turun 2,99%, sedangkan indeks dolar yang mengukur kekuatan greenback terhadap mata uang lain menguat 2,4%.


Emas dan dolar AS memiliki korelasi terbalik. Saat dolar AS menguat, harga emas tertekan, begitu juga sebaliknya.

Hubungan antara emas dan dolar tersebut dikarenakan emas merupakan salah satu alternatif dari mata uang fiat. Di sisi lain emas juga dianggap sebagai aset lindung nilai dari inflasi.

Kendati inflasi di AS dan secara global terus menjanjak, kebijakan moneter ketat yang diambil oleh bank sentral terutama The Fed membuat likuiditas berkurang.

Berkurangnya uang beredar tersebut membuat dolar AS menguat tajam dan menyebabkan mata uang negara lain tertekan, begitu juga dengan emas.

Menariknya, meskipun dolar AS sempat menyentuh posisi tertingginya dalam dua dekade terakhir, harga emas belum tergerus banyak.

Apabila dirunut penyebabnya adalah tekanan inflasi yang masih tinggi, konflik geopolitik yang belum juga mereda sampai ancaman stagflasi global.

Emas tidak hanya dianggap sebagai aset lindung nilai untuk inflasi saja tetapi juga dianggap sebagai aset minim risiko saat prospek pertumbuhan ekonomi terancam.

Hal inilah yang juga membuat harga emas domestik terutama logam mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk. atau yang sering dikenal dengan emas Antam masih bergerak di kisaran Rp 900.000-1.000.000 per gramnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Emas Kayaknya Bisa Sentuh Sejuta Lagi Nih, Bahkan Lebih


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading