Astra Beberkan Peran Kewirausahaan di Perayaan HUT 65

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
18 August 2022 16:02
Tangkapan Layar Perayaan Hut ke-65 Astra Foto: Tangkapan Layar Perayaan Hut ke-65 Astra

Jakarta, CNBC Indonesia - Astra Group kembali melaksanakan perayaan HUT ke-65, kali ini dengan nuansa Pulau Sulawesi mulai 18-20 Agustus 2022, dengan menghadirkan berbagai acara inspiratif. Perayaan ini juga seiring dengan peringatan Hari UMKM & HUT Ke-77 RI.

Direktur Astra Gita Tiffani Boer mengatakan, dalam perjalanannya Astra terus membangun insan Astra yang unggul dan mengembangkan kontribusi sosial yang berkelanjutan di berbagai bidang, tidak terkecuali kewirausahaan.

Hal ini dibuktikan bahwa hingga akhir 2021, Astra telah membina lebih dari 15.900 UMKM, 24 lembaga pengembangan bisnis, 878 penyandang disabilitas, serta 125 startup yang turut menggerakkan kewirausahaan Indonesia.


"Usaha Astra untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa mengalami pasang surut. Dari awal berdiri 65 tahun yang lalu yang hanya memiliki beberapa karyawan dan bergerak di bidang perdagangan umum, saat ini grup Astra telah memiliki 7 lini bisnis dengan 190 ribu orang karyawan," ujar Gita dalam pembukaan selebrasi virtual HUT ke-65 Astra Wilayah Sulawesi, Kamis (18/8/2022).

Mendukung tumbuh kembang kewirausahaan lokal, pada 12 Agustus di Makassar, Astra telah melakukan ekspor produk unggulan dari 'Sejahtera Astra'.

Ekspor tersebut terdiri dari ekspor rumput laut dari Wakatobi ke China, ekspor produk perikanan dari desa Makassar ke Amerika dan Taiwan, serta produk minyak nilam dari desa Bone ke India dan Pakistan. Semua ekspor tersebut bernilai hingga Rp 6,5 miliar.

Di kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki mengungkapkan bahwa kewirausahaan memang memiliki peran penting dalam bisnis perekonomian Indonesia, contohnya seperti UMKM. Menurutnya, hanya melalui pengembangan UMKM, ekonomi Indonesia bisa bertahan dari krisis.

"Yakni UMKM yang perlu didasarkan pada kekuatan atau potensi ekonomi daerah. Pengembangan UMKM termasuk juga transformasi ke digital. Saat ini UMKM yang sudah terhubung ke digitalisasi mampu memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi," terangnya.

Hal ini dikatakan Teten sejalan dengan presidensi G20 Indonesia 2022 dimana saat ini dunia membutuhkan perwujudan tentang pentingnya upaya kolektif dan kolaboratif yang inklusif di antara negara-negara maju dan berkembang di seluruh dunia.

"Pembangunan ekonomi berkelanjutan dan inklusif menjadi kata kunci, terlebih setelah adanya konflik Rusia dan Ukraina yang berdampak pada peningkatan harga komoditas tinggi, terutama energi dan pangan, berakibat pada peningkatan kerawanan pangan dan kemiskinan yang harus diwaspadai," imbuh Teten.

Sebagai informasi, dalam 3 hari HUT ke 65 Astra wilayah Sulawesi ini, akan dimeriahkan berbagai kegiatan webinar terkait kewirausahaan yang dibalut dengan nuansa Sulawesi. Contohnya seperti Sustainability Webinar, InnovNation Webinar, Virtual Exhibition, Astra Career Meet Up, dan Kreasi Nusantara Wilayah Sulawesi.

Rangkaian HUT ke 65 Astra dibagi menjadi 2 rangkaian kegiatan. Yang pertama adalah rangkaian ulang tahun Astra yang sudah diselenggarakan pada bulan Februari kemarin, dan penyelenggaraan berikutnya adalah perayaan HUT 65 wilayah yang dibalut dengan tematik hari-hari besar.

Selanjutnya, akan diadakan peringatan Hut Astra yang berlanjut dengan nuansa Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, dan Indonesia Timur.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading