Perang Motor Listrik ALVA Hingga Gesits: Mana Paling Murah?

Market - Feri Sandria, CNBC Indonesia
15 August 2022 10:35
Alva One, Skuter Listrik Maxi diperkenalkan di ajang Gakindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS), Tangerang, Banten. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo) Foto: Alva One, Skuter Listrik Maxi diperkenalkan di ajang Gakindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS), Tangerang, Banten. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dorongan untuk melakukan transisi energi menuju yang lebih ramah lingkungan tidak hanya terjadi di negara Barat. Semangat yang serupa juga mulai terasa di dalam negeri, salah satunya dengan sejumlah emiten RI yang meluncurkan motor listrik untuk ditawarkan kepada masyarakat.

Setidaknya terdapat lima emiten yang telah memperkenalkan motor listriknya saat ini. Kelimanya yakni Indika Energy (INDY) dengan brand ALVA, motor listrik Electrum kolaborasi TBS Energi Utama (TOBA) dan GoTo Gojek Tokopedia (GOTO), motor listrik Volta dari Grup Kresna, motor listrik Selis milik Gaya Abadi Sempurna (SLIS) dan merek Gesits dari Wijaya Karya (WIKA).

Meski telah hadir dengan sejumlah pilihan, adaptasi yang luas tentu akan semakin cepat tercapai apabila harga yang ditawarkan cukup kompetitif atau bahkan bisa lebih murah dari kompetitor pada kelas serupa yang masih menggunakan bahar bakar fosil.


Selanjutnya demi membantengi dari kanibalisme pada segmen yang sama, harga motor listrik juga harus kompetitif antara satu sama lain. Hal ini karena pangsa pasar yang saat ini masih jauh lebih kecil dari motor berbahan bakar fosil, meskipun ke depannya permintaan akan motor listrik diharapkan meningkat tajam.

Berikut adalah daftar harga 5 motor listrik di Indonesia.

ALVA

Presiden Direktur Indika Energy Arsjad Rasjid meluncurkan motor listrik baru Alva One pada perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Kamis (11/8) pekan lalu.

Dalam acara yang diselenggarakan di ICE BSD, disebutkan bahwa Alva One saat ini dibanderol dengan harga Rp 34,99 juta on the road Jakarta.

Untuk performanya, Alva One mampu menempuh jarak hingga 70 kilometer dan kecepatan yang bisa tembus 90 km/jam. Sedangkan untuk pengecasan baterai berdaya 2,7 kWh, waktu yang dibutuhkan sekitar empat jam.

Electrum

Electrum sendiri merupakan perusahaan patungan Gojek dan TBS Energi Utama (TBS), dan bekerja sama dengan Pertamina, Gogoro, dan Gesits untuk mengakselerasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik terintegrasi di Indonesia.

Adapun motor listrik Electrum sendiri merupakan hasil dari pabrikan Gogoro dan Gesits. Hal ini merupakan bagian dari upaya GOTO untuk mentransformasi seluruh armada Gojek dan mencapai Zero Emissions pada tahun 2030.

Baru-baru ini GOTO membeli 251 unit sepeda motor listrik Smartscooter Gogoro 2 Plus dan 502 unit perlengkapan baterai sepeda motor listrik tersebut.

Melansir situs resmi Gogoro yang merupakan perusahaan Taiwan yang tercatat di Wall Street, Gogoro 2 Series Plus dihargai US$ 2.950 atau setara dengan Rp 44,25 juta (asumsi kurs Rp 15.000/US$).

Motor dengan bobot 104 kg tersebut memiliki jarak tempuh 93 km dengan waktu pengisian baterai 6,4 kW selama 2,5 jam.

Volta

Situs resmi perusahaan mengungkapkan bahwa motor listrik Grup Kresna ditawarkan mulai dari Rp 15,75 juta.

Motor listrik tersebut memiliki daya 1,5 kW dan dapat menempuh jarak hingga 60 km dengan kecepatan maksimum dapat mencapai 60 km/jam.

Selis

SLIS merupakan emiten dengan varian penawaran motor listrik terbanyak. Untuk kendaraan listrik roda dua, Selis setidaknya memiliki empat varian dengan rentang harga termurah Rp 15,5 juta dan termahal Rp 24 juta.

Melansir situs resmi Selis, varian termurah E-Max SLA memiliki jarak tempuh 40 km, dengan kecepatan maksimum 50 km/jam. Sedangkan baterai memiliki daya 1,2 kW.

Adapun varian termahal E-Max Dual Lithium memiliki jarak tempuh tiga kali lipatnya atau mencapai 120 km. Kecepatan maksimum masih sama yakni 50 km/jam.

Gesits

Motor listrik Gesits menggunakan tenaga listrik dengan daya motor 5 kW. Sekali pengisian daya yang membutuhkan waktu 3-4 jam, Gesits dapat menempuh jarak 50 km untuk baterai tunggal dan 100 kilometer untuk baterai ganda. Sementara itu, kecepatan maksimal adalah 70 km/jam.

Laman resmi perusahaan tidak mencantumkan harga motor listrik tersebut, tetapi menyebutkan bahwa terdapat biaya booking fee sebesar Rp 1 juta.

Melansir Detik Oto, Gesits dengan satu baterai harganya sebesar Rp 28,97 juta, sementara yang dua baterai harganya sebesar Rp 36,82 juta untuk wilayah Jakarta.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Indika Gandeng Investor Startup untuk Bisnis Motor Listrik


(fsd/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading