Persaingan Mulai Hangat, SLIS Jual Mobil Listrik Rp 60 Juta

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
12 August 2022 17:45
Resmi IPO, SLIS Siap Kembangkan Sepeda Motor Listrik  (CNBC Indonesia TV) Foto: Resmi IPO, SLIS Siap Kembangkan Sepeda Motor Listrik (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Persaingan kendaraan listrik dalam negeri mulai menghangat. PT Juara Bike, anak usaha PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS) siap menantang sejumlah pemain seperti PT Indika Energy Tbk (INDY) yang juga baru saja memperkenalkan motor listriknya, ALVA.

SLIS meluncurkan Selis Bromo, mobil listrik roda tiga pertama di Indonesia. Selis Bromo merupakan mobil listrik yang memiliki desain yang lebih compact dengan teknologi listrik dan panel surya. Peluncuran produk baru Selis ini dilakukan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Reagan Pantja, Project Sales Manager Juara Bike mengatakan, peluncuran Selis Bromo ini merupakan inovasi baru karena selain dengan tenaga listrik, mobil listrik ini juga bisa mendapatkan energi tambahan dari sinar matahari, yang menurutnya energi yang gratis.



"Kami ingin memenuhi kebutuhan akan kendaraan yang hemat energi, efisien, dan ramah lingkungan. Konsumen bisa mendapatkan experience mengendarai mobil listrik dengan versi yang lebih simpel. Pengguna juga bisa menghemat pemakaian listrik rumah karena baterai Selis Bromo bisa terisi dengan bantuan sinar matahari," katanya di Tangerang, Banten, Jumat (12/8/2022).

Selain untuk mengembangkan pasar kendaraan listrik di Indonesia dan mendukung upaya pemerintah dalam mendorong transisi ke energi terbarukan, hadirnya Selis Bromo juga sebagai strategi perusahaan dalam memperluas pasar baru secara global.

Saat ini, pemerintah Indonesia menargetkan pada kurun 2021-2025 terdapat 400.000 mobil listrik dan 1,7 juta motor listrik dapat beroperasi demi melakukan transisi ke energi terbarukan dan mencapai netral karbon atau net zero emission pada 2060. Pada 2035, pemerintah juga berharap jumlah kendaraan listrik bertambah lagi menjadi 5,7 juta unit mobil listrik dan 46,3 juta motor listrik.

Secara spesifikasi, Selis Bromo bisa mendukung perjalanan hingga 100 kilometer (km) dan mampu membawa beban dengan total 300 kilogram (kg). Kecepatan yang bisa dicapai yakni 40 km/jam, menggunakan disc motor with differential gear 1.000 W, baterai Lithium 60 V 100 Ah, dengan maksimal pengisian 6 Jam dan menggunakan ban jenis tubeless.

Selis Bromo menggunakan baterai Lithium LiFePO4. Selis Bromo juga bisa diisi dayanya di mana saja, termasuk di rumah, sehingga pengguna tidak memerlukan mesin pengisi baterai khusus atau pergi ke tempat khusus pengisian daya. Semuanya dipermudah oleh Selis Bromo.

Mobil listrik ini juga memiliki harga yang jauh di bawah mobil konvensional pada umumnya dan dianggap cocok untuk pengendara yang ingin beralih ke mobil, dengan budget yang lebih terjangkau oleh masyarakat luas.

"Selis Bromo adalah kendaraan listrik yang lebih hemat penggunaannya dibanding dengan BBM. Bahkan, mobil listrik roda tiga Selis Bromo memiliki harga yang jauh lebih murah dari mobil Listrik, yaitu di Rp 60 juta," imbuh Reagan.

Indika dan Electrum
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading