Cuan Jumbo Saham Bank Pasca Rilis Kinerja, Nyesel Ga Beli?

Market - Feri Sandria, CNBC Indonesia
04 August 2022 14:01
Infografis/ Hujan Cuan, Ini 11 Saham LQ45 Diam-diam Bisa Bikin Tajir/Aristya Rahadian Foto: Infografis/ Hujan Cuan, Ini 11 Saham LQ45 Diam-diam Bisa Bikin Tajir/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah emiten telah melaporkan kinerja keuangan semeter pertama kepada investor dalam sebulan terakhir. Gelombang awal pengungkapan ini dipimpin oleh emiten perbankan. Tercatat tujuh dari delapan bank besar eks BUKU IV telah melaporkan kinerja keuangan enam bulan pertama tahun ini.

Lalu bagaimana kinerja saham perusahaan tersebut setelah perusahaan mengumumkan kinerja keuangannya?

Bank Rakyat Indonesia (BBRI) mengumumkan kinerja keuangan pada hari Rabu (27/7) pekan lalu sebelum perdagangan bursa dibuka lewat publikasi di media massa. BBRI mengumumkan perolehan laba enam bulan pertama tahun ini melonjak 98,7% dari Rp 12,47 triliun pada periode yang sama tahun lalu. Sejak penutupan perdagangan Selasa pekan lalu hingga hari ini, saham BBRI naik 0,12%.


Pada hari yang sama, Bank Central Asia (BBCA) juga mengumumkan kinerja keuangan setelah perdagangan bursa ditutup. BBCA mengumumkan kenaikan laba bersih nyaris seperempat menjadi Rp 18,05 triliun pada semester pertama tahun ini. Sejak penutupan perdagangan Rabu pekan lalu hingga hari ini, saham BBCA telah menguat 5,46%.

Selanjutnya ada Bank Panin (PNBN) yang pada rabu pekan lalu juga mengumumkan laba bersih semester pertama 2022 sebesar Rp 666,2 miliar atau naik 8,4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sejak penutupan perdagangan Rabu pekan lalu hingga hari ini, saham PNBN telah menguat 8,10%.

Emiten terakhir yang juga mengumumkan kinerja hari Rabu minggu lalu adalah Bank CIMB Niaga (BNGA) dengan perolehan laba bersih naik 20,41% menjadi Rp 2,53 triliun pada semester pertama tahun 2022. Sejak penutupan perdagangan Rabu pekan lalu hingga hari ini, saham BNGA telah menguat 4,41%.

Kemudian pada hari Kamis (28/7) pekan lalu ada dua emiten bank besar yang mengumumkan kinerja keuangan semeter pertama tahun ini.

Pertama ada Bank Mandiri (BMRI) yang mencatatkan laba bersih Rp 20,22 triliun pada semester pertama tahun ini atau lompat 61,7% secara tahunan. Sejak penutupan perdagangan Kamis pekan lalu hingga hari ini, saham BMRI telah menguat 8,10%.

Kedua ada Bank Danamon (BDMN) yang hingga tengah tahun ini melaporkan laba bersihsenilai Rp 1,7 triliun atau meningkat 70% secara tahunan. Sejak penutupan perdagangan Kamis pekan lalu hingga hari ini, saham BDMN telah menguat 3,21%.

Terakhir ada Bank Negara Indonesia (BBNI) yang melaporkan kinerja keuangannya hari Jumat (29/7) pasca penutupan pasar dan melaporkan laba bersih semester I-2022 sebesar Rp 8,8 triliun atau tumbuh 75,1% secara tahunan. Sejak penutupan perdagangan Kamis pekan lalu hingga hari ini, saham BBNI telah menguat 2,23%.

Sementara itu, satu emiten perbankan eks BUKU IV yang belum melaporkan kinerja keuangan semester pertama tahun ini adalah Bank Permata (BNLI).

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Goks! Yang Pegang 10 Saham Ini di Kuartal I Pasti Auto Cuan


(fsd/fsd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading