Dicaplok Boy Thohir & Jerry Ng Laba BFI Finance Q2 Naik 70%

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
28 July 2022 10:48
BFI Finance (Dok. BFI Finance) Foto: BFI Finance (Dok. BFI Finance)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) membukukan laba bersih Rp 828,9 miliar pada kuartal II-2022. Perolehan tersebut meningkat 70,1% secara year-on-year (yoy) atau dibandingkan periode yang sama 2021.

Total pendapatan BFI Finance pada periode tersebut mencapai Rp 2,45 triliun atau tumbuh 25,3% yoy. Tingkat Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) masing-masing sebesar 12,3% dan 21,0%.

Pembiayaan baru (booking) pada kuartal II-2022 tercatat senilai Rp 8,53 triliun naik 40,8% year-on-year (yoy).

"Tren positif ini didorong oleh pulihnya daya beli masyarakat dan dunia usaha sehingga meningkatkan kebutuhan untuk penggantian unit lama serta penambahan unit baru untuk mendukung aktivitias bisnis konsumen. Hal ini tampak dari meningkatnya nilai pembiayaan kami secara signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Kami terus menjaga momentum pertumbuhan dengan mengoptimalkan layanan dan coverage serta bunga yang kompetitif sehingga dapat melampaui target yang ditetapkan sebelumnya," ujar Direktur Keuangan BFI Finance Sudjono, dalam kerterangan pers. 

Selain itu, beberapa waktu lalu BFI Finance memutuskan membagikan total dividen senilai Rp254 miliar berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan dan Luar Biasa pada 29 Juni silam. Nilai total dividen ini setara 22,5% dari laba bersih tahun 2021 yang sebesar Rp1,13 triliun.

BFI Finance juga sempat melakukan penawaran tender sukarela oleh Trinugraha Capital & Co SCA selaku pemegang saham pengendali atas saham BFIN dan telah dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan pada Maret lalu.

Selanjutnya OJK juga telah memberikan persetujuan atas penilaian kemampuan dan kepatutan kepada Jerry Ng untuk menjadi Pengendali BFI Finance, sehingga saat ini secara de facto, BFIN memiliki dua pengendali, yaitu Garibardi Thohir dan Jerry Ng.

"Sejauh ini, performa positif semester pertama 2022 menunjukkan bahwa target kami dalam mengembalikan size bisnis ke level normal seperti sebelum pandemi Covid-19 tercatat on- track. Tentunya, pencapaian ini berkat kepercayaan dan dukungan seluruh stakeholders kepada BFI Finance," tutur Sudjono.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BFI Finance Bagi Dividen Rp 10 Per Saham, Ini Jadwalnya


(hps/hps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading