Lesu, Harga Emas Turun Lagi...

Market - Maesaroh, CNBC Indonesia
05 July 2022 07:15
[Tak Hanya Logam Mulia, Perhiasan Saat Ini Banyak Diburu Warga Untuk Investasi.(CNBC Indonesia) Foto: [Tak Hanya Logam Mulia, Perhiasan Saat Ini Banyak Diburu Warga Untuk Investasi.(CNBC Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas belum juga membaik. Pada perdagangan Selasa (5/7/2022) pukul 06:10 WIB, harga emas dunia di pasar spot berada di US$ 1.808,79 per troy ons. Melemah tipis 0,02%.

Emas sudah berkutat dalam zona pelemahan sejak Senin pekan lalu meskipun sempat menguat pada Jumat. Dalam empat hari terakhir, pergerakan harga emas sangat tipis dan hanya berkutat pada kisaran US$ 1.806-1.808 per troy ons.

Dalam sepekan, harga emas sudah melemah 0,6% secara point to point. Dalam sebulan, harga emas juga menyusut 1,7 % sementara dalam setahun masih menguat 1%.



Han Tan, Analis Exinity, mengatakan harga emas nyaris diam di tempat karena pasar berekspektasi bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed).
"Harga emas terjebak oleh ekspektasi kebijakan The Fed yang agresif. Kenaikan suku bunga acuan The Fed akan melemahkan pergerakan emas," tutur Han Tan, seperti dikutip dari Reuters.

Pasar berekspektasi The Fed akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 bps bulan ini setelah inflasi Amerika Serikat terbang 8,6% (year on year) pada Mei 2022. Bank sentral Eropa (ECB) juga sudah memutuskan akan menaikkan suku bunga acuan mulai Juli.

"Pasar belum sepenuhnya price in terhadap kenaikan suku bunga acuan sebesar 75 bps bulan ini. Jika The Fed benar-benar agresif maka harga emas akan lebih terperosok," imbuhnya.

Analis dari Kinesis Money Rupert Rowling mengatakan sangat sulit bagi emas untuk bergerak jauh di atas US$ 1.800 per troy ons. "Dalam lingkungan suku bunga acuan yang tinggi, sulit bagi emas untuk menguat. Namun, jika emas mampu menguat di atas US$ 1.800 itu menandakan emas masih memiliki faktor pendorong yang signifikan," tutur Rowling.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Emas Naik Sih, Tapi Tipiiisss...


(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading