Kompak Lego MDKA, Boy Thohir dan Sandiaga Cs Cuan Rp 85 M

Market - Tim Riset, CNBC Indonesia
23 June 2022 15:05
INFOGRAFIS, Cuan Gede Dari Saham MDKA Foto: Infografis/Cuan Gede Saham MDKA/Edward Ricardo

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa pemegang saham PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) menjual sebagian kepemilikan saham perusahaan emas yang berlokasi di Jawa Timur ini. Aktivitas itu terjadi belum lama ini.

Mengutip data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), empat dari lima pemegang saham utama perusahaan diketahui melepas sejumlah kepemilikannya di MDKA pada perdagangan Jumat (17/6), akhir pekan lalu. Asal tahu saja, daftar ini memuat data perubahan struktur pemegang saham mayoritas lebih dari 5%.

Emiten investasi milik Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, PT Saratoga Investama Tnk (SRTG) menjadi yang terbesar. Saratoga, yang dimiliki bersama Edwin Soeryadjaya yang juga menjabat sebagai komisaris utama perusahaan diketahui menjual 6,94 juta saham MDKA, sehingga kepemilikannya turun 0,03% menjadi 16,89%. Menggunakan asumsi harga penutupan perdagangan hari sebelumnya, 16 Juni lalu, Saratoga diperkirakan memperoleh dana Rp 30,55 miliar dari transaksi tersebut.


Selanjutnya, PT Mitra Daya Mustika melepas 6,09 juta saham MDKA di hari yang sama. Menggunakan asumsi yang sama perusahaan memperoleh cuan Rp 26,82 miliar.

Sebagai informasi, berdasarkan prospektus IPO perusahaan, PT Mitra Daya Mustika merupakan perusahaan yang dimiliki oleh Winato Kartono melalui PT Provident Capital Indonesia. Winato sendiri merupakan mantan pimpinan investment banking Citi Group di Indonesia.

Selanjutnya taipan pertambangan RI yang juga menjabat sebagai komisaris perusahaan, Garibaldi 'Boy' Thohir, ikut melego 3,72 juta saham MDKA pada perdagangan hari terakhir pekan lalu. Dari transaksi tersebut Boy Thohir diperkirakan memperoleh cuan Rp 16,35 miliar.

Terakhir ada PT Suwarna Arta Mandiri yang melepas 2,70 juta saham MDKA dan diestimasi memperoleh Rp 11,89 miliar dari transaksi tersebut.

PT Suwarna Arta Mandiri merupakan entitas anak dari emiten agroindustri Provident Agro (PALM) yang dikendalikan oleh Grup Saratoga dan Winato Kartono melalui PT Provident Capital Indonesia.

Sementara itu, hanya Hongkong Brunp & Catl Co., Limited yang tercatat tidak melepas saham MDKA di hari tersebut.

Secara total empat pemegang saham utama perusahaan, secara kompak melego 19,46 juta saham MDKA pada perdagangan Jumat (17/6) akhir pekan lalu, dengan estimasi nilai transaksi Rp 85,61 miliar.

Sebelumnya perusahaan sempat mengumumkan dua aksi korporasi besar tidak lama ini. Pertama adalah persetujuan dari pemegang saham terkait rencana pembelian kembali (buyback) saham perusahaan maksimal 0,5% senilai Rp 600 miliar. Kedua adalah persetujuan pemegang saham untuk melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu ("PMTHMETD") atau private placement dengan mengeluarkan maksimal 2,29 miliar lembar saham atau maksimal 10%.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Anak Usaha MDKA Beli Aset Nikel Rp 5,36 T dari Afiliasi


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading