Bakal Jadi Dirut BEI, Iman Rachman Masih Tugas di Pertamina

Market - pgr, CNBC Indonesia
22 June 2022 12:35
Iman Rachman

Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada hari, Selasa (21/6/2022) dikabarkan telah memutuskan jajaran direksi Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2022 hingga 2026 mendatang. Nama Iman Rachman atau Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina (Persero) didaulat menjadi Direktur Utama BEI.

Dalam surat ketetapan OJK yang beredar, ada tujuh nama Direksi BEI yang akan ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada tanggal 29 Juni 2022.

Nah, Iman Rachman yang dikabarkan menjadi Dirut BEI ini posisinya akan menggantikan Inarno Djajadi. Sayangnya, Iman enggan berkomentar banyak atas kabar terpilihnya dia menjadi Dirut BEI.


"Yang pilih OJK," kata Iman Rachman saat dikonfirmasi oleh CNBC Indonesia, Selasa (21/6/2022).

Pj. Vice President Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari mengatakan, sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri BUMN No PER-11/MBU/07/2021 tentang persyaratan, tata cara pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Direksi Badan Usaha Milik Negara, pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Direksi ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

"Untuk saat ini belum ada RUPS pengangkatan Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha (SPPU) Pertamina yang baru. Sehingga saat ini Pak Iman Rachman masih menjalankan tugas sebagai Direktur SPPU," terang Heppy kepada CNBC Indonesia, Rabu (22/6/2022).

"Kami masih menunggu keputusan pemegang saham termasuk RUPS BEI," tandas Heppy.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, setelah dipastikan mengisi kursi Direktur Utama BEI, maka dipastikan akan berhenti bertugas di Pertamina. "Setelah beliau ke BEI, ya, sudah pasti berhenti dari Pertamina. Soal penggantinya tunggu aja," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Rabu (22/6)

Sebagai gambaran, Iman Rachman saat ini menjabat sebagai Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina (Persero). Sebelumnya pada periode tahun 2019 - 2022, Iman Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero).

Imam sendiri pernah menduduki jabatan Direktur Keuangan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) pada 2016 hingga 2018 dan berlanjut ke PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) sebagai Direktur Keuangan pada masa jabatan 2018 - 2019.

Bahkan, Imam pernah berkarir di PT Danareksa Sekuritas sejak 1998 hingga 2003. Ia juga sempat menjabat sebagai Direktur Perbankan Investasi di PT Mandiri Sekuritas pada 2003 hingga 2016.

Pria kelahiran Jakarta, 31 Mei 1972 itu menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat (1995), lalu meraih gelar Master of Business Administration in Finance dari Leeds University Business School, Leeds, West Yorkshire, Inggris (1997).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Disebut Terpilih Jadi Dirut BEI, Ini Respons Iman Rachman


(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading