Siap-siap! Hasil Tahap 2 Rekrutmen BUMN Diumumkan Hari Ini

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
09 June 2022 08:30
Erick Thohir saat melepas 285 PMI ke Korea Selatan (Korsel) bersama Kepala BP2MI Benny Rhamdani di Jakarta, Senin (6/6/2022). (Dok: BUMN) Foto: Erick Thohir saat melepas 285 PMI ke Korea Selatan (Korsel) bersama Kepala BP2MI Benny Rhamdani di Jakarta, Senin (6/6/2022). (Dok: BUMN)

Jakarta, CNBC Indonesia - Program rekrutmen bersama BUMN tahun 2022 yang digelar oleh Kemenerian BUMN bersama perusahaan pelat merah hari ini telah memasuki tahap dua. Pengumuman tahap dua ini hasil dari Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Core Value BUMN.

Umumnya, soal TKD terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Sedangkan Core Values BUMN merupakan nilai-nilai utama yang harus dimiliki Sumber Daya Manusia BUMN.

Core Values BUMN terdiri atas nilai-nilai AKHLAK yang merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Setiap BUMN wajib menerapkan Core Values tersebut sebagai budaya kerja.



Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Alexandra Askandar mengatakan, program rekrutmen BUMN yang telah digelar mendapat sambutan yang antusias oleh masyarakat khususnya peserta baik yang ikut secara tatap muka maupun online.

Program tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para generasi muda agar dapat ikut bergabung dan berkontribusi memajukan perekonomian negara. Peserta tatap muka yang berlangsung di Tenis Indoor Senayan berjumlah 2.000 orang, sementara ratusan ribu lainnya hadir secara virtual.

"Hal ini menunjukkan besarnya minat para milenial Indonesia untuk bergabung di BUMN dan berkontribusi pada kemajuan perekonomian bangsa," ujarnya dalam acara Power Lunch CNBC Indonesia, Selasa (7/6).

Alexandra melanjutkan, para peserta sudah melalui proses pendaftaran, seleksi administrasi, pembekalan, tes kemampuan dasar, dan nilai-nilai utama BUMN yang dilakukan secara online. Selanjutnya akan dilakukan tahapan berikutnya.


Tahapan berikutnya, mencakup seleksi BUMN, dalam hal ini seperti wawancara, tes kesehatan atau medical check up yang dilakukan sesuai kebijakan dan kebutuhan masing-masing BUMN, kegiatan bela negara, inaugurasi, dan terakhir pembekalan pada masing-masing BUMN.

"Untuk detail timeline dan kegiatan dimaksud dapat diakses lebih lanjut melalui situs resmi (https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/)," pungkasnya.

Selanjutnya, Tahap 3: TKB, Wawancara dan MCU atau Pelaksanaan Tes Kemampuan Bidang (TKB), Wawancara dan MCU yang dilakukan sesuai dengan ketentuan masing-masing BUMN, akan digelar pada 12 Juni - 25 Juni 2022.

Lalu Pengumuman Final Calon Pegawai BUMN pada 4 Juli 2022. Bela Negara pada 11 Juli 2022 dan Inagurasi pada 18 Juli 2022.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gaji Karyawan BUMN Menggiurkan, Gede Mana Dibanding Gaji PNS?


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading