TBS Energi Garap EBT, Garap Batu Bara Juga Jalan Terus

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
08 June 2022 19:14
Media Conference TBS Energi Utama (TOBA)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mengaku, meskipun perseroan serius menggarap bisnis baru di sektor energi terbarukan, namun bisnis utama perseroan di sektor batu bara tidak dikesampingkan.

Keseriusan tersebut tercermin dari sebagian besar laba tahun berjalan 2021 akan digunakan untuk rencana investasi perusahaan, khususnya energi terbarukan dan kendaraan listrik.

Wakil Direktur Utama TBS Energi Utama Pandu Patria Sjahrir menjelaskan, jika melihat dari tren kebutuhan batu bara sendiri, masih akan ada permintaan selama 10 tahun ke depan. Sehingga, perseroan akan imbang dalam menggarap kedua bisnis tersebut.


"Sebenarnya tetap batu bara 10 tahun ke depan dibutuhin, yang penting transisi energi dulu. Kita harus imbang loh antara economic growth kita dan keinginan transisi ke non karbon. Tetap aja kita negara yang memiliki batu bara," ujarnya saat ditemui di gedung Energi Building, Rabu (8/6/2022).


Menurutnya, porsi antara bisnis batu bara dan energi terbarukan akan seimbang yaitu, 50:50. Sehingga, perseroan tidak sepenuhnya menggarap bisnis energi terbarukan karena masih mempertimbangkan potensi sumber daya alam Indonesia yang kaya terhadap batu bara.


"Kita nggak mau disetir siapa pun. Tapi kita sudah komit akan melakukan ini semua. Jadi kita harus seimbang antara pertumbuhan ekonomi, growth kita, dan juga tanpa mengesampingkan urusan transisi iklim. Jadi ini semua balance sudah kita sampaikan kemarin juga," tuturnya.

Pandu berharap ada dukungan dan bantuan pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM dan kerja sama dari sisi pengalihan transisi energi tersebut.

"Mau itu transisi roda dua Electrum atau investasi ke energi terbarukan yang lain. Kan perannya agak susah kayak contoh solar, solar lagi susah kita nggak bisa bikin solar power plant," imbuhnya.


Sebagai informasi, selama ini TOBA dikenal sebagai perusahaan energi. Kini perusahaan sedang melakukan ekspansi bisnis ke bidang kendaraan listrik.


TBS Energi bersama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sudah membentuk perusahaan patungan bernama Electrum untuk mengembangkan bisnis kendaraan listrik roda dua.

Electrum sudah memiliki rencana membangun manufaktur motor listrik, teknologi pengemasan baterai, infrastruktur penukaran baterai, dan pembiayaan untuk memiliki kendaraan listrik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Luhut Cs Bertemu Elon Musk, Ngomongin Kendaraan Listrik Nih!


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading