Mau Kejar Dividen? Cek Daftar Cum Date Emiten Hari Ini

Market - Tim Riset, CNBC Indonesia
03 June 2022 12:15
TOP! RI Dapat Dividen Rp 41,01 T Dari BUMN, Ini Daftarnya

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebagian perusahaan yang mampu mencatatkan laba bersih memutuskan untuk mengalokasikan labanya menjadi dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham.

Beberapa telah tuntas membagikan, beberapa cum date nya telah lewat, beberapa bahkan masih ada yang belum melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan.

Cum date sendiri adalah tanggal terakhir untuk seorang investor mendaftarkan diri ke suatu perusahaan untuk mendapatkan dividen dari kepemilikan sahamnya.


Artinya jika Anda memiliki saham emiten yang membagikan dividen pada akhir perdagangan batas cum date, maka Anda berhak atas dividen yang akan dibagikan perusahaan.

Jika Anda memutuskan untuk mengejar dividen yang dibagikan oleh perusahaan, perlu diingat bahwa harga saham pasca cum date biasanya akan turun signifikan.

Akan tetapi jika Anda melakukan pendekatan value investing dan berkomitmen untuk menggenggam dalam waktu menengah atau panjang, hal tersebut bukan masalah, karena seiring berjalan waktu saham-saham yang membagikan dividen harganya akan naik kembali.

Berikut adalah daftar sembilan saham yang cum date nya akan jatuh pada hari ini, Jumat (3/6/2022). 

1. Bukit Asam (PTBA), besaran nilai dividen per saham yang dibagikan adalah Rp 688, yield dividen hingga penutupan perdagangan kemarin sebesar 15,12%.

2. Triputra Agro Persada (TAPG), besaran nilai dividen per saham yang dibagikan adalah Rp 25, yield dividen hingga penutupan perdagangan kemarin sebesar 3,42%.

3. Surya Toto Indonesia (TOTO), besaran nilai dividen per saham yang dibagikan adalah Rp 7, yield dividen hingga penutupan perdagangan kemarin sebesar 2,61%.

4. Bank Mestika Dharma (BBMD), besaran nilai dividen per saham yang dibagikan adalah Rp 34,26, yield dividen hingga penutupan perdagangan kemarin sebesar 1,66%.

5. Aneka Tambang (ANTM), besaran nilai dividen per saham yang dibagikan adalah Rp 38,73, yield dividen hingga penutupan perdagangan kemarin sebesar 1,54%.

6. Golden Energy Mines (GEMS), besaran nilai dividen per saham yang dibagikan adalah Rp 62,3, yield dividen hingga penutupan perdagangan kemarin sebesar 0,93%.

7. Mega Perintis (ZONE), besaran nilai dividen per saham yang dibagikan adalah Rp 10,65, yield dividen hingga penutupan perdagangan kemarin sebesar 0,77%.

8. Mitra Investindo (MITI), besaran nilai dividen per saham yang dibagikan adalah Rp 1, yield dividen hingga penutupan perdagangan kemarin sebesar 0,55%.

9. Timah (TINS), besaran nilai dividen per saham yang dibagikan adalah Rp 61,22, yield dividen hingga penutupan perdagangan kemarin sebesar 0,30%.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Prodia Bagi Dividen Rp 372,6 M atau 60% dari Laba 2021


(vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading