Warren Buffet-Bill Gates Jauhi Kripto, Ternyata Ini Alasannya

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
31 May 2022 08:30
warren buffet. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Kripto beberapa waktu terakhir menjadi investasi pilihan banyak orang karena dianggap menguntungkan. Namun ternyata, Bill Gates yang masuk ke dalam daftar nama orang kaya di dunia, ogah investasi kripto.

Gates yang saat ini memiliki kekayaan US$ 128 miliar (sekitar Rp 1.868 triliun), mengaku bukan penggemar kripto dan tidak memiliki mata uang kripto apapun.

Ia mengatakan lebih suka berinvestasi dalam hal-hal yang memiliki hasil yang berharga. Hal tersebut ia ungkap kepada pembaca "tanyakan apa saja" di Reddit, dikutip dari Fortune, Senin (30/5/2022).


"Nilai perusahaan didasarkan pada bagaimana mereka membuat produk yang hebat. Nilai kripto hanyalah apa yang diputuskan oleh orang lain, sehingga tidak bertambah seperti investasi lain," ujarnya.

Kripto belakangan memang sedang jatuh sejak awal bulan ini, dengan US$ 200 miliar hilang hanya dalam 24 jam. Meningkatnya inflasi, kenaikan suku bunga, dan ketidakstabilan geopolitik disebut menjadi faktor yang berkontribusi pada kejatuhan kripto.

Gates bukan satu-satunya orang kaya di dunia yang menghindari kripto. CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett dan wakil ketua Charlie Munger juga menjadi orang yang ogah main Bitcoin.

Mereka bahkan bergantian berbicara soal Bitcoin, pada pertemuan pemegang saham tahunan perusahaan di Omaha, Amerika Serikat pada akhir April lalu.

"Apakah naik atau turun di tahun depan, atau 5 atau 10 tahun, saya tidak tahu. Tetapi satu hal yang saya cukup yakin adalah bahwa itu tidak menghasilkan apa-apa," kata Buffett tentang cryptocurrency, seperti dilaporkan CNBC Internasional.

"Ada keajaiban di dalamnya dan orang-orang telah menempelkan sihir pada banyak hal," imbuhnya.

Dia juga mengkritik sifat pasif Bitcoin, mengatakan bahwa jika dia berinvestasi di apartemen, mereka akan menghasilkan sewa, dan jika dia berinvestasi di lahan pertanian, mereka akan menghasilkan panen.

Adapun Munger, mengambil pendekatan yang kurang terukur, dengan mengatakan bahwa "dalam hidup saya, saya mencoba menghindari hal-hal yang bodoh dan jahat dan membuat saya terlihat buruk dan Bitcoin adalah ketiganya."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Saham Raksasa Tekno Berguguran, Warren Buffett Justru Happy!


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading