Mau Dibekukan, Plt Ketua Bappebti Buka Suara Membela Diri

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
30 May 2022 16:10
Robot Trading Merajalela, Pengawasan Bappebti Bagaimana? (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sederet kasus penipuan berkedok investasi dengan modus penggunaan teknologi robot trading membuat Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) menjadi sorotan. Bahkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sempat memberikan usulan agar Bappebti dibekukan.

Plt Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko, yang juga menjabat sebagai Inspektorat Jenderal Kementerian Perdagangan mengatakan sudah melakukan eveluasi organisasi terhadap lembaga ini. Ada beberapa rekomendasi yang sudah disampaikan untuk membenahi lembaga tersebut.

"Seperti perubahan organisasi, perbaikan tata kerja, mekanisme pengawasannya, menggunakan auditor dengan sertifikasi CISA, dan sebagainya. namun memang belum semua rekomendasi itu ditindaklanjuti," kata Didid, saat wawancara Eksklusif di program Profit, CNBC Indonesia, Senin (30/5/2022).


Menurut Didid, menutup atau membekukan Bappebti akan lebih banyak dampak negatif daripada positif, di tengah maraknya kasus investasi bodong yang melibatkan peran lembaga ini. 

"Jika ditutup, perdagangan berjangka ini akan berhenti. Masyarakatlah yang akan dirugikan. Ibaratnya saya sedang menerbangkan helikopter di atas lautan. Karena mesinnya rusak saya tidak bisa mendarat darurat, saya tetap harus terbang, sambil melakukan perbaikan mesinnya. Jadi itulah yang terjadi," ungkap Didid. 

Pekan lalu, Wakil Ketua Komisi VI dari Fraksi PDI-Perjuangan Aria Bima mengusulkan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dibekukan sementara. Hal itu agar Kementerian Perdagangan dapat melakukan audit kinerja secara menyeluruh.

"Saya mengusulkan bagaimana kita akan meminta kepada Menteri Perdagangan untuk membekukan sementara Bappebti agar dapat melakukan audit kinerja menyeluruh terhadap sistemnya, regulasinya dan mungkin juga sumber daya manusianya," kata Aria Bima dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Bappebti di Ruang Rapat Komisi VI DPR RI, Rabu (25/5/2022).

Selama dibekukan itu, Aria Bima berharap Kementerian Perdagangan dapat mengevaluasi pelayanan terhadap masyarakat dan mengembalikan tujuan dibentuknya Bappebti. Salah satunya yakni untuk mengawasi komoditas berjangka pasar keuangan agar tak ada penyimpangan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bappebti 'Ogah' Fasilitasi Korban Binomo Cs, Ini Alasannya


(hps/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading