Begini Rencana Bisnis Electrum Setelah Ketemu Elon Musk

Market - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
12 May 2022 10:55
Barisan mitra pengemudi Gojek yang mengendarai motor listrik Electrum, salah satu upaya dari GoTo untuk mencapai tiga tujuan keberlanjutannya.
(dok. GoTo)

Jakarta, CNBC Indonesia -PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA) berencana menjadi penyedia energi terbarukan dan kendaraan listrik terdepan di Indonesia. Rencana ini diungkap Wakil Direktur Utama TOBA Pandu Sjahrir.

Dalam cuplikan video yang diunggah akun resmi perusahaan, Pandu menyebut ada dua tujuan utama TOBA dalam beberapa tahun ke depan. Pertama, perusahaan ingin menjadi penyedia energi terbarukan bagi masyarakat.

"Kedua, menjadi penyedia untuk kendaraan listrik roda dua di tingkat B2C, dan kendaraan roda dua itu bisa menjadi roda tiga dan empat. Tapi intinya memberi energi langsung ke konsumen," kata Pandu, dikutip Kamis (12/5/2022).


Pandu menyebut TOBA ingin dikenal sebagai perusahaan penyedia energi dengan cara yang lebih memadai dan sebaik mungkin. Pria yang menjabat CEO Electrum ini menyebut, langkah TOBA fokus ke pengembangan energi terbarukan adalah hal tepat yang sudah dirumuskan sejak beberapa tahun lalu.

"Dalam pandangan kami, Anda harus memandang kualitas hidup," katanya.

Pernyataan ini diunggah TOBA setelah Pandu, bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Marves) dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan pebisnis lain, bertemu konglomerat asal AS Elon Musk. Pertemuan itu terjadi pertengahan April lalu.

Selama ini, TOBA dikenal sebagai perusahaan energi. Kini perusahana sedang melakukan ekspansi bisnis ke bidang kendaraan listrik.

TBS Energi bersama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sudah membentuk perusahaan patungan bernama Electrum untuk mengembangkan bisnis kendaraan listrik roda dua. Electrum sudah memiliki rencana membangun manufaktur motor listrik, teknologi pengemasan baterai, infrastruktur penukaran baterai, dan pembiayaan untuk memiliki kendaraan listrik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pandu Sjahrir Ketemu Elon Musk, Kode Keras Buat Electrum?


(RCI/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading