Kisah Darmo Hadipranoto, Pendiri Campina yang Tutup Usia

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
09 May 2022 19:36
Dok. Campina Ice Cream

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar duka datang dari produsen es krim PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP). Darmo Hadipranoto, pendiri sekaligus komisaris perusahaan tutup usia.

Kabar duka itu disampaikan oleh Sekretaris Perusahaan CAMP, Sagita Melati dalam keterbukaan informasi, Senin (9/5/2022), melalui keterbukaan informasi.

"Bersama ini kami sampaikan bahwa Bapak Darmo Hadipranoto, yang menjabat sebagai Komisaris Perseroan telah meninggal dunia pada hari Senin tanggal 9 Mei 2022," kata Sagita.


Darmo Hadipranoto adalah pendiri Campina. Ia memulai usahanya dari industri rumahan.

Ia sejatinya memiliki latar belakang sebagai importir dan kontraktor. Beliau menyelesaikan pendidikan SMA di St. Stephen Collage, Hong Kong dengan bidang studi IPA.

Almarhum mempunyai hubungan afiliasi dengan salah satu Direksi Perseroan namun tidak mempunyai hubungan afiliasi baik dengan anggota Dewan Komisaris lainnya.

Awalnya, almarhum mendirikan sebuah industri rumahan berbentuk Firma bernama CV Pranoto dengan merk dagang Campina.

CV Pranoto ini didirikan oleh Darmo Hadipranoto pada tanggal 22 Juli 1972 di Jalan Gembong Sawah Surabaya, yang juga merupakan kediaman pribadi Darmo Hadipranoto.

Seiring perkembangan usaha yang semakin maju, Campina melakukan ekspansi dengan membuka Fasilitas Produksi di Kawasan SIER, Surabaya Jawa Timur pada Tahun 1982 hingga menjadi salah satu pemain yang diperhitungkan di industri es krim dalam negeri.

Kemudian perusahaan berkembang dan bertransformasi dari Firma (CV) menjadi Perseroan Terbatas (PT). Dengan nama PT Campina Ice Cream Industry pada 1994.

Pada 2017, Perseroan melakukan Penawaran Umum Saham Perdana pada tanggal 19 Desember 2017 di Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten CAMP.

Dengan wafatnya Darmo Hadipranoto, perseroan akan mengumumkan susunan terbaru Dewan Komisaris dalam RUPS terdekat.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Market Focus: IHSG Stabil di Zona Hijau


(RCI/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading