Resmi Ditutup, Rekrutmen BUMN Diikuti 1,3 Juta Pencari Kerja

Market - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
27 April 2022 11:35
Menteri BUMN Erick Thohir (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Masa pendaftaran program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 resmi ditutup. Program Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) ini tercatat diikuti lebih dari 1 juta orang hingga masa pendaftaran ditutup.

Menurut data FHCI, hingga Selasa (26/4/2022) malam jumlah pendaftar program ini mencapai 1,3 juta orang. Dari jumlah tersebut, hampir 800 ribu orang memasukan lamaran ke berbagai lowongan yang tersedia.

"Total 1,3 juta, yang apply hampir 800 ribu. Pendaftaran cukup merata (ke semua BUMN yang ikut serta)," kata Ketua FHCI Alexandra Askandar, Rabu (27/4).
Tahun ini, kesempatan dibuka untuk 2.700 posisi di lebih dari 50 BUMN. Posisi tersedia untuk berbagai jenjang di berbagai industri dan lokasi di Indonesia.


Batas usia maksimal bagi jenjang Diploma I/II/III adalah 27 tahun, jenjang S1/Diploma IV maksimal 30 tahun, dan jenjang S2 maksimal 35 tahun per tanggal 25 April 2022. Seluruh tahapan proses rekrutmen bebas biaya dan dikelola oleh FHCI secara profesional, transparan dan akuntabel, dengan mengedepankan nilai AKHLAK.

Melalui program ini, Kementerian BUMN hendak menambah talenta di perusahaan pelat merah demi kemajuan dan perubahan BUMN ke depannya. Untuk menjadi pegawai BUMN, ada beberapa mekanisme rekrutmen bersama dilakukan dengan standardisasi proses perekrutan secara bersama dan serentak.

Selanjutnya akan ada seleksi administrasi, kemudian Tes Kemampuan Dasar (TKD), Tes Kemampuan Bidang (TKB), Wawancara dan MCU yang mengikuti kebutuhan masing-masing BUMN, serta pembentukan karakter sebagai karyawan BUMN melalui Bela Negara dan dilanjutkan dengan Inagurasi.

Untuk diketahui, setiap tahapan menggunakan sistem gugur. Hanya kandidat yang lulus setiap tahapan yang memenuhi kualifikasi untuk mengikuti tahapan selanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Segera Daftar! Lowongan Karyawan BUMN Dibuka Mulai Hari Ini


(RCI/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading