Jaga Gawang Keuangan, LPS Geber 8 Kebijakan Strategis

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
26 April 2022 12:36
Terbukti! LPS Komitmen Bayarkan Dana Nasabah (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah menyiapkan berbagai kebijakan untuk mewujudkan penjaminan simpanan dan resolusi bank yang efektif dalam rangka menjaga stabilitas sistem keuangan.

Rencana Strategis ini disusun dengan mengacu pada fungsi, tugas dan wewenang LPS sebagaimana diatur dalam UU PPKSK dan UU Nomor 2 tentang kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan untuk penanganan pandemi COVID-19, serta dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan stabilitas sistem keuangan menjadi undang-undang

"Dalam Rencana Strategis LPS 2022-2026 terdapat sebuah framework yang menggambarkan keterkaitan antara visi dan misi lembaga, destination statement, strategic objective, program strategis dan nilai-nilai lembaga," dikutip dari Laporan Strategis Keuangan LPS 2021, Selasa (26/4/2022).


Adapun rencana strategis ini akan berfokus pada 8 hal, yakni:

  1. Penguatan kebijakan penjaminan simpanan dan resolusi untuk menghadapi perkembangan digitalisasi perbankan.
  2. Penyelesaian integrated core system untuk mendukung pemanfaatan data terintegrasi, pelaksanaan fungsi penjaminan dan resolusi yang efektif dan efisien, penguatan fungsi surveilans untuk memperkuat peran LPS sebagai risk minimizer.
  3. Pengembangan kebijakan/regulasi berbasis riset dan prosedur kerja yang simpel, efisien, dan prudent untuk mempercepat proses bisnis dalam rangka mencapai visi menjadi lembaga penjamin simpanan dan resolusi bank yang efektif.
  4. Mewujudkan kesiapan LPS dalam penyelenggaraan PRP.
  5. Pemberdayaan SDM untuk mendukung digitalisasi proses bisnis di LPS, pelaksanaan resolusi bank umum skala menengah-besar dan bank syariah, serta memperkuat peran LPS sebagai risk minimizer.
  6. Peningkatan pemahaman publik terhadap penjaminan simpanan melalui strategi komunikasi dan edukasi publik yang efektif dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan nasional.
  7. Peningkatan kerja sama dengan lembaga dalam negeri dan internasional untuk mewujudkan LPS sebagai pusat pengetahuan di bidang penjaminan simpanan dan resolusi.
  8. Mewujudkan LPS menjadi Best Place to Work For di Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

LPS Pamer Rasio Penjaminan Melampaui Negara Lain


(dpu/dpu)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading