ZA Tech Global Jadi Investor Anyar Bank Aladin

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
06 April 2022 17:20
Seremoni PT Bank Aladin Syariah & ZA Tech ‘One Unity: Enhancing Indonesia Digital Ecosystem

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) mengumumkan investor baru yakni, ZA Tech Global Limited (ZA Tech), penyedia teknologi asuransi (InsurTech) di Asia. ZA Tech Global berkomitmen penuh untuk memperkuat ekosistem Aladin Bank.

Aladin Bank dan ZA Tech berkolaborasi untuk memanfaatkan peluang dan menggabungkan tujuan mereka untuk memberikan edukasi dan perencanaan keuangan dengan produk asuransi yang tepat dan terjangkau. Adapun cakupan kemitraan, tidak terbatas hanya pada produk dan teknologi, ZA Tech dan Aladin Bank akan bekerja sama secara erat dalam jangka panjang.

ZA Tech bakal menjadi investor Aladin Bank melalui proses rights issue terakhir yang sedang berlangsung. Didedikasikan untuk menjadi standar baru untuk asuransi digital, ZA Tech, perusahaan Joint Venture antara ZhongAn Technologies International Group Limited (ZA International) dan SoftBank Vision Fund 1, akan fokus pada ekspor produk dan solusi InsurTech mutakhir ke perusahaan asuransi dan platform Internet.


Dyota Marsudi, Presiden Direktur Aladin Bank mengatakan, kerjasama Aladin Bank dengan ZA Tech merupakan wujud nyata dari komitmennya untuk mendukung transformasi digital perusahaan asuransi, mempercepat adopsi InsurTech di Indonesia.

"Aladin Bank senang bisa berkolaborasi dengan ZA Tech. Ini menandakan bahwa semakin banyak pemain besar yang melihat proposisi nilai Aladin Bank dalam memperluas jangkauan keuangan syariah di Indonesia," ungkap Dyota dalam keterangan resmi, Rabu (6/4/2022).

Melalui kerjasama ini, Aladin Bank ingin meningkatkan sinergi khususnya di sektor asuransi Indonesia. Perseroan berharap melalui inisiatif ini, produk asuransi digital akan semakin terjangkau oleh masyarakat luas, apalagi ZA Tech merupakan InsurTech yang sangat inovatif secara global dan memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam memberdayakan transformasi digital bisnis asuransi.

"Kerja sama ini diharapkan bisa memperkuat Bank Aladin, baik dari sisi permodalan maupun berbagai rencana bisnis strategis ke depan." lanjut Dyota.

Young Yang, General Manager of ZA Tech Southeast Asia, menyambut baik kerjasama dengan Aladin Bank.

"Kemitraan antara ZA Tech dan Aladin Bank merupakan salah satu komitmen kami untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia. Kolaborasi layanan perbankan digital syariah dengan InsurTech seperti Aladin Bank dan ZA Tech akan memberikan pilihan bagi masyarakat untuk melakukan transaksi asuransi secara digital dan modern," ujar Young.

Menurutnya, menjadi investor di Aladin Bank akan mendukung aspirasi ZA Tech untuk berbisnis di Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi mutakhir dan pengalaman dalam memberdayakan ekosistem asuransi digital.

"Kami percaya bahwa investasi ini akan memfasilitasi Aladin Bank untuk mendemokratisasikan literasi keuangan, terutama untuk segmen underbanked, serta memperluas jejaknya sebagai bank digital yang mengedepankan prinsip syariah," tambah Young.

Aladin dan ZA Tech percaya, terobosan ini akan menciptakan landasan yang kokoh untuk berkolaborasi dengan kedua pihak, serta memberikan solusi inovatif. Saat ini, jejak ZA Tech menjangkau Jepang, Singapura, Thailand, dan pasar Asia lainnya. Pada tahun 2021, ZA Tech semakin memperluas bisnis InsurTech ke Eropa.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Beda Nasib Bank Mini, 2 Cuan, 2 Ambles! WSKT-Bank Jago Drop


(RCI/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading