Dear Investor Muda, Dengarkan Kata Senior Lo Kheng Hong Nih

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
23 March 2022 17:25
Lo Kheng Hong (CNBC Indonesia/Houtmand P. Saragih)

Jakarta, CNBC Indonesia - Investor kawakan Indonesia Lo Kheng Hong mengatakan kalau kunci berinvestasi adalah sabar dan mengerti apa yang dibeli.

"Kita beli bukan karena ada tukang pom-pom, itu jadi ga sabaran. Kalau investor yang benar itu mau bersabar dan membaca laporan keuangan dengan benar," ungkap Lo Kheng Hong, dikutip Rabu (23/3/2022).

Menurut LKH, sapaan akrab Lo Kheng Hong, investor sekarang banyak yang tidak bersabar dan membeli kucing dalam karung.


Sebagai investor kawasan, Lo Kheng Hong ternyata pernah hampir bangkrut dan nyaris tidak memiliki uang sepeser pun saat krisis mendera Indonesia pada 1998 silam. Akan tetapi, dia akhirnya bisa terhindar dari ancaman tersebut dan kembali bangkit berkat pekerjaannya sebagai investor saham.

"Uang saya berkurang 85%, sisa 15%. Saya waktu itu sudah full time investor, istri ibu rumah tangga, anak 2, saya nggak kerja lagi, duit tinggal 15%," kata Lo Kheng Hong.

Kisah ini disampaikan Lo Kheng Hong saat berbincang di acara SPOD yang diselenggarakan PT Syailendra Capital dan ditayangkan pada akun YouTube perusahaan. Lo Kheng Hong bercerita, saat krisis 1998 terjadi, dia hanya memiliki uang sisa 15% dari seluruh hartanya.

Sadar dirinya akan bangkrut, Lo Kheng Hong akhirnya memutuskan untuk menyimpan seluruh sisa hartanya di saham PT United Tractor Tbk (UNTR). Saat itu, harga saham UNTR per lembar ada di level Rp 250 per saham.

Bukan tanpa alasan pria dengan sapaan akrab LKH ini melakukan hal tersebut. Menurutnya, pemilihan UNTR sebagai lokasi penyimpanan saham tunggal dilakukan karena Lo Kheng Hong menilai perusahaan tersebut memiliki prospek cerah dan valuasinya tinggi.

"Masa harga saham Rp250, laba usaha per saham Rp7.800. Laba usahanya Rp 1,1 triliun, dibagi jumlah saham 138 juta, kan, (laba per saham) Rp7.800. Saya put everything di United Tractor, nggak bisa pilih yang lain. Ini ada mercy dijual harga bajaj, semua masukin. Beli seluruhnya hanya di 1 counter," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gak Perlu Bertahun-Tahun, Value Investing Bisa Cuma 2 Bulan


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading